SOLOPOS.COM - Salah satu bagian video klip lagu baru Padi Reborn bertajuk Memberi Makna Indonesia (Gambar: Youtube Padi Reborn)

Solopos.com, WONOGIRIPadi Reborn akan menggelar konser di Alun-alun Giri Krida Bakti Wonogiri, Sabtu (13/8/2022) mendatang. Selama momen konser tersebut, pedagang kaki lima (PKL) di alun-alun bakal direlokasi.

Ketua Paguyuban Pedagang Alun-alun Giri Krida Bakti Wonogiri, Supriyono, menyebut jumlah PKL di alun-alun setempat sebanyak 110 orang. Dari total itu, pedagang yang aktif hanya 82 orang (75 persen). Jumlah PKL sebanyak itu nantinya direlokasi sementara saat konser musik Padi Reborn berlangsung.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Supriyono menghormati kebijakan relokasi PKL meski banyak pedagang yang mengeluh dagangannya sepi saat direlokasi. Sepinya pembeli itu disebabkan para pengunjung yang tak mengetahui kalau PKL direlokasi.

“Jadi saat konser Padi Reborn nanti, kami menyiapkan empat spanduk penunjuk arah yang akan dipasang di beberapa lokasi. Tulisannya menginformasikan kalau PKL di alun-alun direlokasi ke Jl. Ir. Soekarno,” katanya saat ditemui Solopos.com, Rabu (3/8/2022) malam.

Penjual nasi bungkus dan gorengan di Alun-alun Giri Krida Bakti Wonogiri, Tarto, mengaku menjadi salah satu PKL yang akan direlokasi saat berlangsung konser Padi Reborn. Sebenarnya Tarto tak setuju dengan rencana relokasi itu karena khawatir dagangannya tak laku.

Baca Juga: 17 Rock Band Se-Jateng Goyang Konser Crown Wonogiri, Bupati Ikut Nyanyi

“Hanya pasrah jika tetap direlokasi,” katanya.

Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, mengatakan relokasi PKL alun-alun ke Jalan Ir. Soekarno telah dipertimbangkan dengan matang. Sebelumnya, ia telah memprediksi konser deklarasi Crown dan Padi Reborn akan menyedot perhatian masyarakat.

“Kalau nanti [sekitar alun-alun] over kapasitas, aspek keamanan kan jadi pertimbangan tersendiri, utamanya dari kepolisian. Maka skenarionya, [PKL pindah] di Jalan Ir. Soekarno. Ini kan untuk konser Padi Reborn saja, untuk konser lainnya bisa menempati lokasi semula,” kata bupati yang akrab disapa Jekek itu, saat ditemui wartawan, Selasa (2/8/2022).

Baca Juga: Ini Daftar Jalan di Wonogiri Ditutup Saat Festival Agustus Merdeka

Bupati Jekek meyakini jika para pengunjung tetap bakal mencari minuman atau makanan dari PKL ketika membutuhkan saat konser Padi Reborn berlangsung. Ia meminta agar PKL bisa memahami jika pemindahan lokasi berjualan demi pengamanan.

“Sebelum kebijakan ini diambil, sudah ada pembahasan yang dilakukan, kami mohon ini bisa dipahami,” kata Bupati Jekek.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya