SOLOPOS.COM - Ilustrasi April mop. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Setiap tahun, 1 April diperingati sebagai April Mop di seluruh dunia meski pun sejarah atau asal-usul pastinya masih jadi misteri. Ini adalah hari yang didedikasikan untuk tawa, lelucon, dan kebahagiaan tanpa batas.

Tradisi Hari April Mop termasuk bermain hoax atau lelucon praktis pada orang lain, sering meneriakkan “April Mop!” di akhir untuk petunjuk dalam subjek lelucon Hari April Mop. Sementara sejarah tepatnya diselimuti misteri, rangkuman lelucon Hari April Mop oleh media dan merek-merek besar telah memastikan umur panjang liburan tidak resmi itu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Mengutip laman history.com pada Jumat (1/4/2022), beberapa sejarawan berspekulasi bahwa jika ingin mengetahui sejarah April Mop maka harus menengok kembali ke Eropa pada 1582. Pada saat itu Perancis beralih dari kalender Julian ke kalender Gregorian, seperti yang disebut oleh Dewan Trent pada tahun 1563. Dalam Kalender Julian, seperti dalam kalender Hindu, tahun baru dimulai dengan ekuinoks musim semi sekitar 1 April.

Baca Juga: Saat Ancaman Tsunami Dianggap Lelucon April Mop, 159 Nyawa Pun Melayang

Orang-orang yang lambat mendapatkan berita atau tidak menyadari bahwa awal tahun baru telah pindah ke 1 Januari dan terus merayakannya selama pekan terakhir bulan Maret hingga 1 April menjadi bahan lelucon dan hoaks dan disebut April Mop!  Lelucon ini termasuk menempatkan ikan kertas di punggung mereka dan disebut sebagai poisson d’avril (ikan April), dikatakan melambangkan ikan muda yang mudah ditangkap dan orang yang mudah tertipu.

Namun sebenarnya sejarah pasti April Mop masih belum diketahui.  Ada sejumlah teori lainnya tentang asal mula perayaan ini, berikut ini daftarnya:

Baca Juga: Rayakan April Mop, Google Tambah Game Snake di Aplikasi Maps

Hilaria di Roma Kuno

Sejarawan juga menghubungkan Hari April Mop dengan festival seperti Hilaria (Latin untuk kegembiraan), yang dirayakan di Roma kuno pada akhir Maret oleh pengikut kultus Cybele. Ini melibatkan orang-orang berdandan dalam penyamaran dan mengejek sesama warga dan bahkan hakim dan dikatakan terinspirasi oleh legenda Mesir Isis, Osiris dan Seth.

Vernal Equinox dan April Mop

Selain itu, ada pula kalangan yang berspekulasi bahwa Hari April Mop terkait dengan vernal equinox, atau hari pertama musim semi di Belahan Bumi Utara, ketika alam membodohi orang dengan cuaca yang berubah dan tidak dapat diprediksi.

Baca Juga: Kocaknya Netizen Ramaikan April Mop di Twitter

April Mop di Inggris

Hari April Mop menyebar ke seluruh Inggris selama abad ke-18. Di Skotlandia, tradisi menjadi acara dua hari, dimulai dengan “berburu gowk”, di mana orang dikirim untuk tugas palsu (gowk adalah kata untuk burung kukuk, simbol untuk orang bodoh). Hal itu diikuti oleh Tailie Day, yang melibatkan pranks dimainkan di pantat orang, seperti menjepit ekor palsu atau tanda “tendang saya” pada mereka.

Lelucon atau Prank April Mop

Di zaman modern, orang telah berusaha keras untuk membuat tipuan Hari April Mop yang rumit. Surat kabar, stasiun radio dan TV, serta situs web telah berpartisipasi dalam tradisi 1 April yang melaporkan klaim fiktif keterlaluan yang telah membodohi audiens mereka.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya