Diprediksi Fluktuatif, Cermati Saham-Saham Berikut Pekan Ini

Pergerakan Indeks harga saham gabungan (IHSG) melaju ke zona hijau pada perdagangan pekan kemarin.
SHARE
Diprediksi Fluktuatif, Cermati Saham-Saham Berikut Pekan Ini
SOLOPOS.COM - Ilustrasi pergerakan saham. (Nurul Hidayat/JIBI/Bisnis)

Solopos.com, JAKARTA — Pergerakan Indeks harga saham gabungan (IHSG) melaju ke zona hijau pada perdagangan pekan kemarin.

Pekan ini, IHSG diperkirakan bakal fluktuatif jelang Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia (RDG BI).

PromosiHari Keluarga Nasional: Kudu Tepat, Ortu Jangan Pelit Gadget ke Anak!

IHSG melompat 4,85 persen pada akhir perdagangan pekan ini ke level 6.918,14 dari posisi akhir pekan lalu yang sempat mencapai 6.597,99.

Khusus perdagangan Jumat (20/5/2022), IHSG naik 1,39 persen. Di sisi lain, investor asing pun sudah mulai kembali ke pasar modal dengan mencatatkan aksi beli bersih Rp233,63 miliar pada hari ini.

Sepanjang 2022, net buy investor asing mencapai Rp62,91 triliun.

Baca Juga: Saham GOTO Melonjak Kapitalisasi Pasar, Salip Astra dan Dekati Mandiri

Senior Investment Information Mirae Sekuritas Muhammad Nafan Aji Gusta Utama menjelaskan penguatan indeks pekan ini didorong dari sentimen harga komoditas dunia yang kembali naik.

“Selain itu, surplus neraca perdagangan dan transaksi berjalan juga menjadi sentimen positif dalam negeri, serta meredanya sentimen aggressive tightening policy dari The Fed,” jelasnya kepada Bisnis, Jumat (20/5/2022).

Neraca transaksi berjalan (current account balance) melanjutkan tren surplus pada kuartal I/2022 didukung oleh tingginya surplus neraca perdagangan pada periode tersebut.

Bank Indonesia (BI) mencatat, transaksi berjalan melanjutkan surplus sebesar US$0,2 miliar atau mencapai 0,1 persen dari PDB.

Baca Juga: Saham GOTO hingga Grup Sinar Mas Naik Sepekan, Berimbas ke IHSG

Sementara itu, surplus neraca perdagangan Indonesia pada April 2022 mencatatkan rekor tertinggi sepanjang masa, yaitu mencapai US$7,56 miliar.

Di sisi lain, sambung Nafan, sektor teknologi kembali mengalami penguatan setelah selama sepekan lalu terus tertekan. Kebijakan Presiden Jokowi yang membuka kembali ekspor CPO juga turut disambut euforia oleh pasar.

Adapun, pada pekan depan lanjutnya, IHSG cenderung bakal bergerak relatif berfluktuasi menanti perilisan hasil RDG Bank Indonesia.

Dia memperkirakan IHSG bakal bergerak pada supprot 6.809 dan 6.752, sementara resistance pada 6.995 dan 7.051.

Baca Juga: IHSG Sesi I Naik 1,75 Persen, GOTO, BUKA, Dorong Indeks Harga Saham

Lebih lanjut, sejumlah sektor menarik diperhatikan pada perdagangan pekan depan, yakni konsumer siklikal, energi, finansial, kesehatan, infrastruktur, properti hingga teknologi.

Saham-saham pilihan Nafan di antaranya HEAL, INCO, INTP, LPPF, ADRO, ANTM, BBNI, BBRI, ITMG, dan UNTR.

Disclaimer: Berita ini tidak bertujuan mengajak membeli atau menjual saham. Keputusan investasi sepenuhnya ada di tangan pembaca. Solopos.com tidak bertanggung jawab terhadap segala kerugian maupun keuntungan yang timbul dari keputusan investasi pembaca.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul: Penyebab IHSG Naik 4,85 Persen Sepekan! Cek Saham-Saham Ini Pekan Depan.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago