SOLOPOS.COM - Ketua Majelis Wali Amanat Universitas Sebelas Maret (MWA UNS), Hadi Tjahjanto, saat launching Panitia Penjaringan dan Penyaringan Calon Rektor UNS Solo, Selasa (27/9/2022) (Solopos/Afifa Enggar Wulandari)

Solopos.com, SOLO — Pemilihan Rektor Universitas Sebelas Maret atau UNS Solo masa bakti 2023-2028 sudah dimulai. Ini adalah kali pertama Rektor UNS akan ditentukan oleh Majelis Wali Amanat (MWA) yang dibentuk pada 2020 lalu.

Sebagai informasi, MWA UNS adalah badan tertinggi di universitas yang mewakili kepentingan pemerintah, kepentingan masyarakat dan kepentingan UNS sebagai lembaga pendidikan. MWA bertugas menyusun, merumuskan, dan menetapkan kebijakan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kemudian memberikan pertimbangan pelaksanaan kebijakan umum, serta melaksanakan pengawasan di bidang nonakademik. MWA akan menjadi penentu pemilihan Rektor UNS Solo.

Dikutip dari laman mwa.uns.ac.id, MWA dibentuk setelah UNS Solo ditetapkan oleh Presiden Jokowi sebagai Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH) pada 6 Oktober 2020 melalui PP No 56/ 2020.

Mantan Panglima TNI yang kini menjabat Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto terpilih sebagai Ketua MWA. Pemilihan Ketua MWA digelar di Gedung dr Prakosa UNS pada 2 November 2020 dipimpin Prof Weidy Murtini dan Muhammad Zainal Arifin.

Baca Juga: 9 Bakal Calon Rektor UNS Solo Miliki Segudang Prestasi, Termuda Usia 38 Tahun

Pengurus MWA UNS Solo totalnya 17 orang yang terdiri atas Ketua Hadi Tjahjanto, Wakil Ketua Prof Hasan Fauzi, Sekretaris Prof Tri Atmojo Kusmayadi. Anggota terdiri atas Nadiem Anwar Makariem, Prof Dr Adi Sulistyono, Prof Dr Jamal Wiwoho, Charmeida Tjokrosuwarno, Dr Soeprayitno, Gunawan Sulistyo.

Sembilan Calon Rektor

Selanjutnya ada Prof Dr Istadiayantha, Prof Dr Mahendra Wijaya, Prof Yusep Muslih Purwana, Dr Ir Eny Lestari, Prof Dr Wiedy Murtini, Ir Budi Harto, Muhammad Sholihin, dan Shoffan Mujahid. Nama terakhir adalah mahasiswa yang juga Ketua BEM UNS Solo 2022.

Dalam proses pemilihan Rektor, yang melibatkan MWA UNS Solo membentuk Panitia Penjaringan dan Penyaringan Calon Rektor (P3CR). Sebelumnya pemilihan rektor diputuskan berdasarkan suara dari Rektor, Wakil Rektor yang menjabat, dan lingkup dosen.

Baca Juga: Libatkan Mahasiswa, UNS Solo Bentuk Panitia Penjaringan Calon Rektor 2023-2028

Tahun ini UNS juga berkesempatan memiliki calon rektor dari luar UNS. Ketua Tim Teknis P3CR, Agus Riwanto, menyebut adanya perubahan sistem pemilihan tidak lepas dari perubahan status UNS sebagai PTN BH. 

“Sudah ada sembilan bakal calon rektor yang mendaftar. Ini kali pertama kami membuka opsi bakal calon rektor dari luar UNS tetapi hingga hari terakhir pendaftaran memang tidak ada [calon dari luar UNS] yang mendaftar,” ujarnya pada Jumat (14/10/2022).

Sementara itu, Ketua P3CR, Tri Atmojo Kusmayadi, menjelaskan detail proses yang akan dilewati bakal calon rektor hingga menjadi Rektor UNS Solo. Setelah disahkan berkasnya, P3CR akan memberikan berita acara ke MWA UNS.

Baca Juga: Pemilihan Rektor UNS Solo, Pendaftar Boleh dari Perguruan Tinggi Lain

Masukan dari Masyarakat

“Nanti ada debat di aula mengenai visi misi calon. Ada panelis juga yang akan berasal dari MWA. Lalu MWA akan melakukan evaluasi untuk seleksi tiga besar. Nanti ketemu nilainya dan akan dipilih tiga calon,” ujarnya. 

Tiga calon tersebut selanjutnya akan melakukan debat visi misi program dan strategi kerja. Ada masukan masyarakat secara daring atau luring menyangkut tiga calon.

“Masukan ini akan dijadikan sebagai pertimbangan untuk memilih. Yang memilih nanti MWA dengan Menteri Pendidikan suaranya 36 persen dari total yang ada,” jelasnya.

Baca Juga: Faktor Usia, Jamal Wiwoho Tak Bisa Maju Lagi Jadi Rektor UNS Solo 2023-2028

Saat ini, proses penjaringana dan penyaringan bakal calon rektor UNS Solo masuk tahap verifikasi kelengkapan persyaratan. Ada sembilan bakal calon Rektor UNS yang sudah menyerahkan secara lengkap berkas pendaftaran.

Nantinya, bagi mereka yang lolos dari tahap penjaringan oleh P3CR, bakal calon rektor akan dinilai oleh MWA UNS untuk ke jenjang selanjutnya, yakni pembahasan visi dan misi.

Keseluruhan proses itu ditargetkan selesai pada 11 November 2022 dengan rapat pleno MWA dengan agenda pemilihan Rektor UNS 2023-2028.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya