SOLOPOS.COM - Acara ruwahan dan peringatan Hari Jadi ke-265 Mangkunegaran di Pendapa Pura Mangkunegaran Solo, Kamis (17/3/2022) malam. (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Pura Mangkunegaran Solo menggelar acara Ruwahan yang bertepatan dengan Hari Jadi ke-265 Mangkunegaran atau MN, Kamis (17/3/2022) atau 17 Ruwah tahun Alip 1955 malam.

Acara yang dipimpin Bhre Cakrahutomo sebagai KGPAA Mangkunagoro X itu dibuka pukul 19.00 WIB di Pendapa Pura Mangkunegaran Solo. Tak lebih dari sepertiga bagian selasar pendapa yang dipenuhi tamu, sebab acara hanya dihadiri sekitar 200 orang.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Baca Juga: Pegiat Sejarah Minta Bhre Jadikan Mangkunegaran Eksklusif Tapi Luwes

Meski begitu, acara berlangsung khidmat. Acara dipandu protokol acara dalam bahasa Jawa. Dengan mengenakan ageman berwarna hitam, Bhre Mangkunagoro X memasuki pendapa. Bhre kemudian dipersilakan duduk.

Acara ruwahan dan peringatan hari jadi MN Solo itu dilanjutkan dengan doa wilujengan yang dibacakan dengan cara Jawa dan Islam. Para yogiswara duduk berjajar mengenakan ageman berwarna putih.

Baca Juga: Bhre Jadi Mangkunagoro Termuda dalam Sejarah, Sebentar Lagi Ultah Lho

Di sela-sela para istirahat, Bhre menemui para tamu. Tak segan, ia juga mau menyapa para tamu yang hadir. Sesekali Bhre mengulur tangan dan berfoto bersama. Acara ruwahan selesai pukul 20.30 WIB. Sementara Bhre belum bisa ditemui awak media.

“Agenda setelah ini ziarah dari yang Jumeneng Mangkunagoro I dan semua yang sudah meninggal. Kemudian dilanjut [ke makam] pasukan Sambernyawa sampai ke Mataram, Imogiri, Kota Gede, Kedu,” ujar Pengageng Wedhana Satria Pura Mangkunegaran Solo, KRMT Lilik Priarso, kepada wartawan sesuai acara.

Baca Juga: Jadi Pemimpin Pura Mangkunegaran, Ini Program Prioritas Bhre

Lilik mengatakan tidak ada doa khusus saat ruwahan dan wilujengan hari jadi ke-265 MN Solo itu. Menurut Lilik, doa hanya berupa bacaan Tahlil. “Tidak ada [doa khusus], hanya disebutkan doa itu untuk siapa, mendoakan siapa saja. Tamu tidak hanya kerabat, tapi juga abdi dalem,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya