SOLOPOS.COM - Pekerja menjemur tembakau untuk mengurangi kelembaban di Tulungagung, Jawa Timur, Sabtu (7/11/2015). (JIBI/Solopos/Antara/Destyan Sujarwoko)

Solopos.com, TULUNGAGUNGSekitar 1.226 hektare tanaman tembakau yang tersebar di empat kecamatan Kabupaten Tulungagung terendam banjir imbas anomali cuaca dalam sepekan terakhir. Koordinator Pengendalian Organisme Pengganggu Tanaman (POPT) Dinas Pertanian Tulungagung, Gatot Rahayu mengatakan lahan pertanian tembakau yang terdampak banjir tersebar di 20 desa dan sebagian besar ada di wilayah selatan Kota Tulungagung.

“Daerah terparah tanaman tembakau yang tergenang banjir ini terdapat di wilayah Kecamatan Campurdarat,” terang Gatot, Rabu (6/10/2022).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Khusus di daerah ini (Campurdarat), secara keseluruhan luasan tanaman tembakau mencapai 500-an hektare.  “Sementara yang terendam usia tanamannya beragam, mulai 30 hari hingga memasuki masa panen,” ujarnya.

Baca Juga Putin Bertekad Gunakan Semua di Perang Rusia Vs Ukraina

Hingga saat ini, lanjut Gatot, pihaknya masih melakukan pemantauan terhadap kondisi tanaman yang tergenang banjir. Padahal, tanaman tembakau dikenal sangat rentan mengalami kerusakan jika terlalu lama terkena air.

Petani terancam mengalami gagal panen atau puso. Oleh karenanya, Gatot mengimbau kepada para petani untuk segera memanen tanaman tembakaunya agar tidak merugi.

“Jika nanti terjadi gagal panen, kami akan memberikan bantuan berupa benih padi ke petani, setiap hektare akan mendapatkan 25 kilogram benih padi,” tuturnya.

 

Berita ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Panen Dini Tembakau di Tulungagung Dipicu Banjir

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya