[ X ] CLOSE

Dipesan Tamu World Superbike, Hotel di Mataram Hampir Fully Booked

sejumlah hotel di Mataram sudah menerima reservasi atau pesanan kamar dari tamu kegiatan World Superbike (WSBK) yang akan digelar di Sirkuit Mandalika, 19-21 November 2021.
Dipesan Tamu World Superbike, Hotel di Mataram Hampir Fully Booked
SOLOPOS.COM - Foto udara lintasan lurus Pertamina Mandalika International Street Circuit saat matahari terbenam di KEK Mandalika, Kuta, Praya, Lombok Tengah, NTB, Kamis (14/10/2021). (Antara/Ahmad Subaidi)

Solopos.com, MATARAM — Dinas Pariwisata Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, menyebutkan, sejumlah hotel di Mataram sudah menerima reservasi atau pesanan kamar dari tamu kegiatan World Superbike (WSBK) yang akan digelar di Sirkuit Mandalika, 19-21 November 2021.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Mataram H Nizar Denny Cahyadi di Mataram, Kamis (21/10/2021) mengatakan, pemesanan kamar hotel tersebut dilakukan tamu melalui sistem daring.

“Alhamdulillah, hotel berbintang kita di Mataram rata-rata sudah full booking untuk bulan November 2021 dan hampir semua tamu kegiatan WSBK,” katanya seperti dilansir Antara.

Dikatakan, perhelatan akbar balap motor dunia di Pertamina Sirkuit Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah memberikan dampak signifikan terhadap perlaku pariwisata di Kota Mataram.

Baca Juga: Harga Tiket Nonton Balapan WSBK di Sirkuit Mandalika Termurah Rp795.000

Meskipun kegiatan itu berlangsung di Kabupaten Lombok Tengah tetapi sebagai daerah penyangga, Kota Mataram mendapatkan dampak ekonomi signifikan dan ini menjadi peluang sekaligus angin segar bagi para pelaku pariwisata.

“Selama pandemi Covid-19, pelaku pariwisata seakan ‘tidur’ karena tidak ada aktivitas pariwisata sebagai dampak kebijakan pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat [PPKM],” katanya.

Terkait dengan itu, pihaknya berharap kegiatan WSBK bisa mendongkrak okupansi hotel sekaligus perekonomian di Kota Mataram.

“Data dari sejumlah hotel menyebutkan, okupansi hotel saat ini sudah mencapai 72 persen. Angka ini patut kita syukuri karena kondisinya terus meningkat dibandingkan bulan-bulan sebelumnya,” katanya.

Untuk mendukung WSBK, tambah Denny, Kota Mataram telah menyiapkan 4.077 kamar, namun yang dapat digunakan sekitar 2.777 kamar sebab 1.300 kamar digunakan oleh Amman Mineral Nusa Tenggara (AMNT) untuk karantina karyawan.

Baca Juga: Diproyeksi Gantikan Garuda, Pelita Air Butuh Persiapan 3 Bulan

Harga Tiket

Sebelumnya, PT Pengembang Pariwisata Indonesia (ITDC) dan Mandalika Grand Prix Association (MGPA) pada Kamis resmi mengumumkan harga tiket balap motor World Superbike 2021 yang akan berlangsung di Pertamina Mandalika International Circuit, Lombok, NTB pada 19-21 November.

Tiket dijual mulai dari harga Rp795.000 hingga Rp2.820.000 (belum termasuk pajak) yang berlaku untuk menonton selama tiga hari (19-21 November).

Seperti dikutip dari Antara, harga tiket ditentukan berdasarkan lokasi duduk atau tribun penonton saat penyelenggaraan ajang WSBK.

Dalam pernyataan pers pada Kamis, harga tiket termurah untuk WSBK berada dalam kisaran RP795.000-Rp995.000 untuk Standard Grand Stand atau tribun yang berada di dekat tikungan 15 dan 17.

Baca Juga: Moto GP di Mandalika, Bos Sepang Takut Penonton di Malaysia Berkurang

Sementara tiket untuk West Grand Stand, berdekatan dengan tikungan 15 dihargai Rp1.395.000. Kemudian bangku Main Grand Stand yang berada di dekat tikungan satu dan tikungan 16 ditawarkan dengan harga Rp.1.850.000-Rp2.350.000.

Sedangkan Premiere Grand Stand yang berlokasi menghadap gate start dan finis dijual dalam kisaran Rp2.650.000-Rp2.820.000.

Penyelenggara juga telah menyiapkan kategori Hospitality Suites, yang terdiri atas dua kelas, yaitu Premier Class yang dibanderol Rp19.500.000 dan Deluxe Class dengan harga Rp14.950.000 yang berlaku untuk tiga hari.

Premiere Class berlokasi di lantai 2 Pit Building sehingga memudahkan penonton berinteraksi dengan pebalap sedangkan pemegang tiket Deluxe Class menempati VIP Village yang berdekatan dengan Paddock Sirkuit.

Baca Juga: Aturan Baru: Anak di Bawah 12 Tahun Boleh Naik Pesawat dan Kereta

Sebanyak 25.000 tiket yang tersedia untuk WSBK dapat dibeli mulai 23 Oktober 2021 melalui website Xplorindonesia (Xplorin.id) dan mitra resmi penjualan tiket antara lain tiketapasaja.com, tiketmu.id, Dyandratiket.com, dan tiket.com.

Masyarakat yang ingin membeli tiket harus memenuhi syarat antara lain berusia 12 tahun ke atas dan sudah melakukan dua kali vaksin Covid-19.

Penonton juga harus menunjukkan hasil swab antigen (1×24 jam) atau PCR (2×24 jam) negatif Covid-19 sebelum memasuki area sirkuit melalui aplikasi PeduliLindungi.

Apabila penonton belum terdaftar pada aplikasi PeduliLindungi maka mereka wajib menunjukkan hasil tes swab antigen/PCR negatif serta sertifikat vaksin dengan prosedur yang dikirim ke email terdaftar.



Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago