SOLOPOS.COM - ilustrasi (Bisnis)

Solopos.com, JAKARTA — Maskapai penerbangan Pelita Air mengangkasa perdana di udara secara komersial mulai Kamis (28/4/2022) ini.

Pelita Air Services (PAS) akan melayani rute perdananya yaitu Jakarta – Bali. Direktur Utama Pelita Air Services Dendy Kurniawan mengatakan pada tahap awal beroperasi secara komersil, rute penerbangan reguler perdana Pelita Air akan melayani penerbangan Jakarta – Bali – Jakarta mulai 28 April 2022.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Rute tersebut dipilih karena merupakan destinasi favorit bagi para wisatawan terlebih seiring dengan berangsurnya pandemi yang berubah menjadi endemi serta adanya masa libur Idul Fitri 2022 dan mendukung perjalanan bisnis.

“Tiket Pelita Air sudah bisa didapatkan secara langsung melalui mitra agen perjalanan Pelita Air, yaitu Mitra Tours and Travel, Bayu Buana Travel, dan Panorama JTB Tour,“ kata Dendy.

Ekspedisi Mudik 2024

Direktur Keuangan dan Umum PAS Muhammad S Fauzani menuturkan ada sekitar 7 rute atau destinasi yang menjadi pilihan perseroan untuk dilayani.

Baca Juga: Pelita Air Terbang Perdana 28 April, Begini Cara Beli Tiketnya

Rute-rute tersebut adalah rute yang tergolong padat penumpang. “Jadi ada 7 destinasi yang gemuk yaitu Yogyakarta, Surabaya, Denpasar Medan, Banjarmasin, Makassar. Insyaallah,” katanya.

Sebelumnya, PT Pelita Air Service resmi mendatangkan dua pesawat Airbus A320 di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten.

Fauzani menjelaskan kedatangan dua pesawat ini dalam rangka persiapan Pelita Air dalam memperluas layanannya ke segmen penerbangan komersial berjadwal (regular flight).

Fauzani mengatakan kedatangan pesawat Airbus A320 Pelita Air ini merupakan momen bersejarah sekaligus milestone baru bagi perusahaan yang sebelumnya fokus pada layanan penerbangan charter. Kedatangan dua pesawat ini juga menunjukkan kesiapan Pelita Air yang tengah mengembangkan layanan penerbangannya ke layanan penerbangan komersial berjadwal.

Baca Juga: Sah, Pelita Air Terbang Perdana 28 April 2022, Ini Rutenya

“Saat ini Pelita Air masih dalam proses sertifikasi pesawat Airbus 320 yang terus berjalan dalam rangka membuka penerbangan berjadwal dan kami harapkan dapat beroperasidalam waktu dekat,” ujarnya, Senin (11/4/2022).

Livery baru yang terpampang di pesawat yang terbang dari Bandara Montpellier, Prancis (MPL) dan Bandara Internasional Sharjah – Uni Emirat Arab (SHJ) ini bernama “Ribbon” livery.

Dinamakan “Ribbon” livery karena livery tersebut menyerupai pita yang menyelimuti ekor dan sebagian badan pesawat dengan Sedangkan tiga warna yang dapat dimaknai sebagai keberagaman dan kebebasan berekspresi.

Tiga warna pada livery tersebut juga merupakan warna identitas Pertamina sebagai perusahaan induk dari Pelita Air.

Baca Juga: Siap Mengangkasa, Intip Rute Domestik yang bakal Diterbangi Pelita Air

Pelita Air Services (PAS) menargetkan untuk bisa melayani penerbangan berjadwalnya secara perdana pada pertengahan tahun ini atau pada semester I/2022.

Sekretaris Perusahaan Pelita Air Services Umar Ibnu Hasan menegaskan kasus korupsi yang sebelumnya menjerat mantan Direktur Utama PAS tidak akan menjadi halangan dalam rencana ekspansi perseroan. Dia menegaskan hingga kini masih memproses rencana operasi untuk terjun ke bisnis layanan komersial penumpang berjadwal.

Dalam pertimbangan bisnisnya, PAS memilih masuk ke layanan medium.

“Untuk operasi, kami targetkan pada pertengahan tahun ini, kemungkinannya Juni atau Juli. Kami memang akan masuk ke layanan medium. Menurut kami layanan medium akan lebih mudah diterima oleh pasar. Pasalnya kami berada di tengah-tengah untuk bisa menggaet segmen pasar di antara LCC dan Full Service,” ujarnya kepada Bisnis.com, Senin (11/4/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya