SOLOPOS.COM - Sapi kurban seberat 1,03 ton yang dibeli Presiden Jokowi dari peternak asal Mranggen, Polokarto, Sukoharjo, Kuncoro. (Solopos/Indah Septiyaning W)

Solopos.com, SUKOHARJO -- Hewan sapi kurban yang dibeli Presiden Joko Widodo alias Jokowi dari peternak asal Mranggen, Polokarto, Sukoharjo, dinyatakan sehat oleh tim Dinas Pertanian dan Peternakan setempat.

Sesuai rencana sapi tersebut akan diserahkan ke Masjid Agung Solo pada Kamis (30/7/2020) malam. Hal ini setelah dilakukan pemeriksaan kesehatan terhadap hewan sapi kurban Jokowi pada Jumat (24/7/2020).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pemeriksaan ini meliputi pengecekan suhu tubuh, muka, kepala, hidung, kulit, dan mulut. "Hari ini kami lakukan pemeriksaan calon hewan sapi kurban milik Pak Jokowi. Hasilnya sehat, suhu tubuh normal 38,2 derajat, dan tidak ada indikasi sakit," ujar Kepala UPTD Rumah Potong dan Pusat Kesehatan Hewan Kabupaten Sukoharjo drh Leni Sri Lestari di peternakan sapi milik Kuncoro Budi Santoso di Mranggen.

2 Karyawan Hotel Berbintang di Solo Positif Covid-19, Tertular Tamu Dari Jakarta?

Leni mengatakan kondisi sapi kurban seberat 1,03 ton yang dibeli Presiden Jokowi dinyatakan tidak sehat apabila suhu tubuhnya melebihi 40-41 derajat Celcius.

Selain itu dari kondisi badan seperti mata, hidung, dan lainnya mengindikasikan kondisi sakit. Misalnya mata belekan atau belek mata. "Kalau sapi yang kami periksa tadi sudah sehat. Tidak ada masalah," katanya.

Leni mengatakan pengecekan kesehatan hewan dilakukan sebelum diserahkan kepada Masjid Agung Solo. Tak hanya sapi kurban milik Presiden, pemeriksaan kesehatan juga dilakukan ke calon hewan kurban lainnya.

Kakek-Kakek Naik Sepeda Onthel Tertabrak Motor di Jl Bhayangkara Solo, Penabraknya Warga Negara Asing

Pemeriksaan ini penting guna memastikan kesehatan hewan sebelum disembelih saat perayaan Iduladha termasuk hewan kurban sapi dari Presiden Jokowi. Selain cek kondisi kesehatan hewan, petugas juga memberikan obat cacing bagi calon hewan kurban.

Sapi Pilihan

Leni meminta warga memperhatikan kondisi hewan sebelum dilakukan penyembelihan untuk kurban. Gejala hewan sapi jika mengalami sakit akan terlihat seperti kondisi napas tidak normal, sorot mata tidak normal, mata belekan dan hidung meler atau ingusan.

Sapi tersebut sebaiknya diobati dulu sebelum disembelih. Peternak sapi asal Mranggen, Kuncoro Budi Santoso, mengatakan rencananya sapi kurban yang dibeli Presiden Jokowi diserahkan ke Masjid Agung Solo pada Kamis malam.

Wawali Positif Corona: Pejabat, Legislator, dan Wartawan Solo Tes Swab

Sapi tersebut merupakan sapi pilihan terbaik yang ada di tempatnya. "Sapi ini dari lahir sampai empat tahun saya pelihara dengan baik. Jadi terpantau kesehatan mulai dari bibit hingga menjelang penyembelihan," katanya.

Kuncoro menjadi langganan Presiden Jokowi hampir setiap Iduladha. Setidaknya sudah empat kali Presiden mempercayakan hewan kurban di peternakannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya