SOLOPOS.COM - DARURAT -- Warga menggunakan perahu untuk mengungsi dan mengangkut barang saat banjir melanda sejumlah kawasan di Sragen awal pekan ini. (JIBI/SOLOPOS/dok)

DARURAT -- Warga menggunakan perahu untuk mengungsi dan mengangkut barang saat banjir melanda sejumlah kawasan di Sragen awal pekan ini. (JIBI/SOLOPOS/dok)

SRAGEN – Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Sragen, Supriyatno, mengungkapkan pemberian bantuan kepada korban banjir di Sragen dilaksanakan secara selektif sesuai dengan kebutuhan. Supriyatno ingin meluruskan pemahaman masyarakat bahwa semua korban banjir diberi bantuan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Yang menjadi prioritas untuk mendapatkan bantuan, ya korban banjir yang benar-benar darurat membutuhkan. Misalnya, persediaan makanan, seperti beras atau gabah tidak bisa dikonsumsi karena terendam banjir, rumahnya roboh dan seterusnya. Masak rumah hanya kemasukan air dan belum darurat minta bantuan?” tegas Supriyatno, Rabu (4/1/2012).

Ekspedisi Mudik 2024

Menurut dia, bantuan logistik kepada para korban banjir yang membutuhkan sudah terdistribusi semua dan kondisi sekarang sudah aman. Dia selalu memerintahkan kepada stafnya untuk menyurvei calon penerima bantuan. Bila hasil survei benar-benar layak mendapat bantuan, ujar dia, Pemkab tidak segan-segan memberi bantuan.

Untuk antisipasi munculnya bencana alam, Supriyatno mengaku masih memiliki cadangan beras sebanyak 75 ton. Selain itu, urai dia, APBD 2012 bakal mengalokasikan anggaran untuk bantuan tanggap darurat Rp100 juta. Penegasan Kepala Dinsos itu selaras dengan pernyataan yang disampaikan Wakil Bupati (Wabup), Daryanto, saat dihubungi secara terpisah.

“Cadangan beras dari pemerintah pusat seberat 100 ton itu diberikan kepada Pemkab Sragen pada setiap tahunnya. Bantuan itu diberikan berkaitan dengan potensi krisis pangan akibat bencana alam. Anggaran bencana alam dalam Kebijakan Umum Anggaran dan Plafon Prioritas Anggaran Sementara (KUA-PPAS) 2012, sudah ada Rp100 juta untuk bantuan bencana,” pungkasnya.

JIBI/SOLOPOS/Tri Rahayu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya