SOLOPOS.COM - Jajanan dengan nitrogen cair (denverpost.com).

Solopos.com, JOGJA — Dinas Kesehatan Daerah Istimewa Yogyakarta akan menelusuri tempat pembuatan Chiki Ngebul yang membuat dua bocah di Berbah, Kabupaten Sleman, mengalami keracunaan. Dinkes kini masih mencari pedagang yang menjual Chiki Ngebul tersebut.

Kepala Dinkes DIY, Pembajun Setyaningastutie, mengatakan untuk mengetahui penyebab keracunan tersebut, dinasnya berupaya mencari pedagang Chiki Ngebul yang bersangkutan. Namun, petugas yang ke lapangan belum menemukan pedagang tersebut di lokasi tempat biasa berjualan.

Promosi Enjoy the Game, Garuda! Australia Bisa Dilewati

“Kami berdasarkan hasil pemantauan epidemiologinya kita menysar penjualnya, kemarin [Selasa, 10/1/2023] memantau penjualnya malah tidak berjualan,” kata Pembajun, Senin (17/1/2023).

Dia menuturkan tujuan menemui pedagang tersebut untuk mengetahui lebih lanjut terkait makanan yang dijual. Selain itu, pihaknya akan menanyakan terkait makanan tersebut memproduksi secara mandiri atau mendapatkan kiriman dari produsen yang lebih besar.

Terkait hal itu, kata dia, pihaknya masih akan menelusuri untuk mendapatkan informasi lebih detail untuk ditindaklanjuti ke depan.

“Kalau dari laporan, penjual domisilinya di daerah itu juga. Tetapi saat ditanya lebih lanjut, ke sekitarnya, dia enggak jualan, belum bisa ditemui [pedagang ciki ngebul]. Kami mau lihat apakah dia buat sendiri, atau kiriman, itu masih kami telusuri,” katanya.

Dia menuturkan pedagang yang berjualan Chiki Ngebul itu juga tidak jelas perizinannya. Sehingga susah untuk dilacak.

Pembajun menyampaikan Dinkes DIY berupaya untuk mengedukasi pedagang terkait makanan yang dijualnya. Bukan berarti pemerintah melarang masyarakat berjualan, akan tetapi perlunya memberikan edukasi agar menjual makanan yang aman bagi masyarakat.

“Akan kami hubungkan dengan Puskesmas agar dapat diberikan edukasi,” ucap Pembajun.

Mengingat nitrogen  cair bukan merupakan bahan yang dapat dikonsumsi. Menurutnya apabila dikonsumsi, akan berdampak pada kesehatan seperti demam, mual, dan muntah.

“Itu [cairan nitrogen] bukan barang yang bisa dimakan. Tentu berdampak pada saluran pencernaannya,” katanya.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul 2 Anak di Berbah Keracunan Chiki Ngebul, Pedagang Akan Dimintai Keterangan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya