Dinkes Sukoharjo Ajukan 75.000 Dosis Vaksin Booster

Meskipun sudah merencanakan memulai vaksinasi booster kepada kelompok lansia, Dinkes saat ini masih mengejar target vaksinasi anak usia 6-11 tahun di Sukoharjo.
SHARE
Dinkes Sukoharjo Ajukan 75.000 Dosis Vaksin Booster
SOLOPOS.COM - Ilustrasi vaksinasi Covid-19. (Freepik)

Solopos.com, SUKOHARJO-Dinas Kesehatan (Dinkes) Sukoharjo mengajukan distribusi 75.000 dosis vaksin booster kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng. Hal ini lantaran Pemkab Sukoharjo akan memulai program vaksinasi booster bagi kelompok masyarakat lanjut usia (lansia) pada Rabu (19/1/2022).

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Sukoharjo, Yunia Wahdiyati, mengatakan pihaknya sudah merencanakan teknis pelaksanaan vaksinasi booster bagi masyarakat di Sukoharjo. Untuk tahap pertama, pihaknya akan menyasar kelompok lansia terlebih dulu. Sementara itu, jumlah vaksin yang dibutuhkan mengacu pada jumlah lansia yang saat ini sudah menerima vaksin Covid-19 dosis I.

PromosiTop! Bos Tokopedia Masuk List Most Extraordinary Women Business Leader

“Kami mengacu jumlah lansia yang tervaksin dosis I dan II. Tapi angka yang kami ajukan lebih merujuk ke jumlah lansia yang sudah mendapat dosis I. Sekitar 75.000 dosis yang kami ajukan ke Pemprov Jateng. Tapi nanti dapatnya berapa kami masih belum tahu,” ungkap dia kepada Solopos pada Minggu (16/1/2022).

Baca Juga: Pemkab Sukoharjo Evaluasi Besar-Besaran demi Dongkrak Peringkat SAKIP

Meskipun sudah merencanakan memulai vaksinasi booster kepada kelompok lansia, Yunia mengaku saat ini masih mengejar target vaksinasi anak usia 6-11 tahun di Sukoharjo. Pasalnya, hingga Jumat (14/1/2022) jumlah anak yang sudah divaksin baru mencakup 36,22 persen atau 29.134 anak dari total target sebanyak 80.447 anak. Namun, Yunia optimistis target tersebut bisa dipenuhi pada Kamis (20/1/2022).

“Harapan kami bisa selesai tepat waktu [vaksinasi anak]. Untuk mengakomodasi semuanya kami membagi fasyankes yang bertugas menjadi vaksinator. Untuk vaksin booster kami sementara waktu menunjuk fasyankes pemerintah seperti Puskesmas dan RSUD. Untuk fasyankes non-pemerintah dan lembaga lainnya nanti mengakomodir vaksinasi anak. Jadi keduanya bisa berjalan. Selain itu, capaian total kami kan baru sekitar 80 persen. Kami juga masih melayani vaksinasi dosis I bagi masyarakat yang belum mendapatkan,” beber dia.

Baca Juga: Anggaran Penanggulangan Bencana Sukoharjo Tahun Ini Rp921 Juta, Cukup?

Berdasarkan data yang dihimpun Solopos di akun instagram @dinkes_kab_sukoharjo, per Jumat (14/1/2022), dari total sasaran 139.060 masyarakat lansia, sebanyak 75.558 orang sudah mendapatkan vaksin dosis I dan 67.966 orang mendapatkan vaksin dosis II. Nantinya, vaksinasi booster akan diutamakan bagi kelompok masyarakat yang sudah mendapatkan dosis II vaksin Covid-19.

“Baru setelah itu, masyarakat rentan lainnya yang akan menjadi sasaran target vaksin booster selanjutnya,” tandas Yunia.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago