SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/SOLOPOS/Dok)

Ilustrasi (JIBI/SOLOPOS/Dok)

KLATEN — Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Klaten, Rony Roekmito, mengimbau masyarakat mewaspadai penyakit yang menyerang saat musim hujan. Penyakit yang dimaksud salah satunya adalah Demam Berdarah dan Diare.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Hal tersebut dinyatakan oleh Kepala Dinkes Klaten, Rony Roekmito, saat ditemui Solopos.com, di kantornya, Rabu (14/11/2012) siang. Menurutnya  untuk mengatasi penyakit tersebut masyarakat diminta untuk melakukan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).  Perilaku yang dimaksud, kata Rony, adalah masyarakat dapat menjaga kebersihan di lingkungan permukiman.

Sehingga dengan pemukiman yang bersih dan sehat, masyarakat dapat terhindar dari penyakit. “Penyakit demam berdarah dan penyakit diare, penyebabnya adalah lingkungan yang kotor. Apalagi memasuki musim hujan seperti ini kuman dan jentik nyamuk mudah sekali untuk berkembangbiak,” ujarnya.

Rony menambahkan, saat ini Dinkes telah berkoordinasi dengan puskesmas-puskesmas di seluruh Kabupaten Klaten, untuk melakukan pencegahan terjadinya penyakit tersebut. Menurutnya ada  dua langkah yang sudah diinstruksikan pihak kecamatan.

Langkah pertama puskesmas diminta untuk melakukan penyuluhan terhadap masyarakat tentang cara-cara mengatasi penyakit musiman tersebut. Langkah selanjutnya, kata Rony, Puskesmas diminta mewaspadai dan menangani secara tepat jika diketahui ada warga yang terjangkit penyakit tersebut. “Keaspadaan itu dapat dilakukan dengan melakukan aksi puskesmas keliling di wilayah yang diduga sarang penyakit,” sambungnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya