Dinkes Karanganyar Tak Berani Minta Banyak Dosis Vaksin Booster

Dinkes Karanganyar mendapatkan tambahan 1.000 dosis vaksin booster jenis Astrazeneca dari pemerintah pusat.
SHARE
Dinkes Karanganyar Tak Berani Minta Banyak Dosis Vaksin Booster
SOLOPOS.COM - Wakil Bupati Karanganyar Rober Christanto mendapatkan suntikan vaksin Covid-19 booster di Kantor PMI Karanganyar, Kamis (20/1/2022). (Solopos.com/Akhmad Ludiyanto)

Solopos.com, KARANGANYAR — Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Karanganyar mendapat tambahan 1.000 dosis vaksin Covid-19 booster dari pemerintah pusat. Kepala Dinkes Karanganyar, Purwati, mengatakan jumlah tersebut sesuai dengan angka yang diajukan pihaknya.

Dinkes memang tidak mengajukan permohonan vaksin Covid-19 booster dalam jumlah banyak karena masa pakainya pendek. “Kami sudah mendapat lagi 1.000 dosis vaksin booster Astrazeneca. Kami memang memintanya sedikit-sedikit saja, karena masa pakainya tidak lama. Kalau tidak salah akhir Februari sudah kedaluwarsa,” ujarnya kepada wartawan di Pendapa Rumah Dinas Bupati Karanganyar, Kamis (27/1/2022).

PromosiTop! Bos Tokopedia Masuk List Most Extraordinary Women Business Leader

Vaksin Covid-19 booster tambahan ini segera disuntikkan kepada masyarakat kelompok rentan. “Karena waktunya juga pendek, maka akan segera kami berikan kepada penerimanya yang saat ini masih diutamakan kepada kelompok rentan,” imbuh Purwati.

Baca Juga: 18.000 Dosis Vaksin Kedaluwarsa 1 Februari, Karanganyar Kebut Booster

Saat ini pelaksanaan vaksinasi Covid-19 booster masih dilakukan di puskesmas-puskesmas dan rumah sakit milik pemerintah, serta sentra vaksin (PMI Karanganyar).

Sebelumnya, Dinkes Karanganyar juga harus berpacu dengan waktu untuk menyuntikkan vaksin Covid-19 booster sebelum 1 Februari 2022. Pasalnya, sebanyak 18.000 dosis vaksin yang dimiliki akan kedaluwarsa pada 31 Januari 2022.

Vaksin Covid-19 booster yang dimiliki Karanganyar ini jauh lebih banyak daripada yang diusulkan Dinkes Karanganyar ke pemerintah, yakni 3.000 dosis. Sehingga saat ini Dinkes sudah menjadwalkan penyuntikan bagi kelompok rentan (instansi) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Karanganyar hingga 31 Januari 2022.

Baca Juga: Dinkes Karanganyar Minta 3.000 Vaksin Booster ke Pusat, Utamakan Lansia

“Kalau instansi-instansi kami jadwalkan di rumah sakit. Kami kejar agar vaksin Covid-19 booster tidak mubazir karena akan expired [kedaluwarsa] 31 Januari 22. Makanya sampai 31 Januari di RS sudah ada jadwal vaksinasi,” ujar Purwati.

Tahap awal vaksinasi booster Karanganyar mendapat dua jenis vaksin Covid-19 booster yakni Astrazeneca sebanyak 4.060 dosis dan Moderna sebanyak 14.416 dosis.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago