SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Madiunpos.com, MADIUN — Sebanyak 1.103 kasus penyakit tuberkulosis (TB) ditemukan terjadi di wilayah Kabupaten Madiun, Jawa Timur, sepanjang tahun 2018. Dari jumlah tersebut, sebanyak 97 persennya sudah sembuh.

Kepala Bidang Penanggulangan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Madiun, Agung Tri Widodo, kepada wartawan, Jumat (29/3/2019), jumlah temuan tersebut hanya memenuhi sebesar 59 persen dari target yang ditentukan sebanyak 1.869 kasus temuan TB.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Padahal seharusnya jumlah kasus TB yang ditemukan minimal mencapai 70 persen.

Meski sebanyak 97 persen penderita TB sembuh, tambah dia, pihak Dinkes setempat masih harus menangani sebanyak 5.138 suspect penderita penyakit menular itu. Hanya saja, masih diperlukan sejumlah tes lanjutan untuk mengetahui hasilnya.

“Kalau total suspect TB ada sebanyak 5.138. Target suspect-nya ada 6.481 kasus,” kata dia.

Agung menjelaskan suspect TB terbesar ditemukan di wilayah Madiun, Dolopo, Pilangkenceng, dan Caruban. Dia menegaskan semua penderita TB mendapatkan pendampingan. Mereka wajib mengambil obat di puskesmas.

Jika penderita tidak mengambil obat mencapai dua bulan berturut–turut, maka pihak puskesmas wajib melacak hingga ke rumah. Hal itu dilakukan karena semua penderita wajib meminum obat secara teratur agar sembuh.

“Selama ini minim kasus jarang minum obat. Sebab, kami terus lakukan pendampingan, terlebih obatnya gratis,” katanya.

Untuk 2019 ini, pihaknya menargetkan ada sebanyak 9.636 suspect dapat terdeteksi. Jumlah ini naik dari tahun 2018 yang hanya ditarget sebanyak 6.481 suspect. Sementara untuk penderita, ditargetkan ada 1.616 kasus tertangani. 

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya