SOLOPOS.COM - Sejumlah prajurit keraton berjalan seusai menyambut Menkes Budi Gunadi Sadikin yang menerima gelar kebangsawanan di Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, Rabu (29/9/2021). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mendapatkan gelar dari Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, Rabu (29/9/2021) siang.

Gelar kepada Menkes diberikan hanya berjarak sepekan setelah Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, dianugrahi gelar Kanjeng Pangeran.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Paku Buwono XIII Hangabehi menganugerahinya gelar setelah Menkes meninjau sentra vaksinasi di Pagelaran Keraton.

Baca Juga: Menkes Budi Gunadi Sadikin Terima Gelar Kebangsawanan dari Keraton Solo

Pengageng Parentah Keraton Surakarta, K.G.P.H. Dipokusumo membenarkan informasi itu, namun dirinya belum tahu gelar dan nama baru yang diberikan PB XIII.

“Ada sesuatu kekancingan [surat yang dikeluarkan oleh Keraton]. Ada. Tapi saya belum sempat melihat,” kata dia, kepada wartawan.

Baca Juga: Perusakan Posko dan Vaksin di Aceh, Kemenkes Minta Libatkan Toga-Tomas

Sejumlah alasan Menkes menerima gelar tersebut yakni, komunikasi yang baik antara keduanya sebelum menerima gelar.

Kemudian, kinerja Budi dalam penanganan Covid-19 yang dinilai baik serta kepeduliannya pada abdi dalem dan warga sekitar Keraton yang belum mendapatkan vaksinasi Covid-19.

“Beliau pejabat tinggi dan pemilihan tempat vaksinasi di sini. Sehingga semakin mengerti arti penting sejarah budaya termasuk peninggalan sejarah itu bisa bermanfaat bagi masyarakat,” jelas Dipo.

Baca Juga: Karanganyar Punya Pabrik Produksi APD di Gondangrejo, Langganan Kemenkes dan RS di Indonesia

Ia menyebut upacara pemberian gelar bagi Menkes dan Gibran memang belum dilaksanakan lantaran masih dalam masa Pandemi.

Menurutnya, upacara pemberian gelar mirip resepsi pernikahan, di mana akadnya bisa dilakukan tanpa seremonial.

Ketika ditanya kemungkinan pemberian gelar kepada tokoh lain, Dipo berharap masih akan ada lagi sebagai salah satu upaya mengangkat nilai budaya bangsa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya