SOLOPOS.COM - Lubang besar karena lantai kayu yang lapuk di Jembatan Jurug A akan diperbaiki sebelum dibuka sebaga jembatan darurat khusus kendaraan roda dua. Foto diambil, Senin (24/10/2022) (Solopos/Gigih Windar Pratama)

Solopos.com, SOLO — Kontraktor pelaksana proyek pembangunan Jembatan Jurug B menilai konstruksi Jembatan Jurug A masih aman dilewati untuk kendaraan roda dua. Oleh karenanya, mereka optimistis, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan mengizinkan Jembatan Jurug A digunakan.

Dalam pengamatan Solopos pada Sabtu (3/12/2022), jembatan tersebut ditutup barrier dari semen. Namun ada beberapa pengendara sepeda motor yang nekat menerobos barrier dan melewati Jembatan Jurug A.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Pihak kontraktor, yakni PT Baja Titian Utama, menilai akan lebih baik apabila Jembatan Jurug A dibuka untuk kendaraan roda dua agar Kepadatan lalu lintas terkurangi.

“Saya yakin Jembatan Jurug A akan mendapatkan izin dari PUPR untuk digunakan, meskipun Jembatan Mojo sudah rampung. Karena ketika saya cek bagian lantai jembatan, struktur dan kerusakannya, sebenarnya tidak parah dan masih bisa digunakan untuk dilalui kendaraan roda dua,” urai General Manager Konstruksi PT Baja Titian Utama, Bambang Nurhadi, kepada Solopos.com pada Sabtu (3/12/2022).

Baca Juga: Pembangunan Jembatan Jurug B Dikebut, Ditarget Rampung Lebih Cepat dari Jadwal

Memang, terlihat lubang-lubang di lantai jembatan yang menganga di sejumlah titik. Kerusakan seperti lantai berlubang ataupun Jembatan Jurug A yang bergetar saat dilewati kendaraan roda dua menurut Bambang bisa diperbaiki dengan beberapa penguatan. Jembatan yang merupakan peninggalan Paku Buwono (PB) X ini Dinilai nya masih sangat aman dan kokoh.

“Jembatan Jurug A itu hanya perlu penguatan di beberapa titik misal di bagian lantainya nanti yang berlubang kita tambal. Mungkin juga ada penguatan baja untuk kayu yang sudah lapuk. Kalau secara konstrukti struktur kita tinggal perkuat bautnya atau penggantian-penggantian yang sebenarnya minor. Dengan catatan nantinya hanya untuk dilewati roda dua,” lanjutnya.

Bambang juga menjelaskan Jembatan Jurug A akan terlihat sebagai peninggalan cagar budaya saat digunakan. Sekaligus menunjukkan bahwa peninggalan dari sosok PB X yang berkualitas tinggi pada zamannya.

Baca Juga: Pelat Baja Diganti Baru, Getaran di Jembatan Mojo Berkurang Drastis

“Justru kalau digunakan akan terlihat bahwa Jembatan Jurug A ini tangguh dan kokoh. Sekaligus menunjukkan bangunan peninggalan khas dari PBX yang berkualitas tinggi dan memang sangat maju di zamannya,” lanjutnya.

Wakil Pengageng Sasana Wilapa Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, KRA Dani Nur Adiningrat, mengaku tidak ada masalah jika nantinya Jembatan Jurug A digunakan.

“Dimanfaatkan sebagai penghubung setelah direstorasi dan hanya untuk kendaraan roda dua, karena strukturnya kan masih bagus meskipun memang harus ada perbaikan di lantai kayunya,” urainya kepada Solopos.com, Senin (28/11/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya