SOLOPOS.COM - Perwakilan dari 14 komunitas se-Banyumas Raya menandatangani piagam deklarasi dukungan kepada Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka maju dalam Pilkada Jawa Tengah 2024 di GOR Satria, Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Minggu (23/10/2022). (ANTARA/Sumarwoto)

Solopos.com, PURWOKERTO — Belasan komunitas yang beranggotakan kalangan milenial di wilayah Banyumas Raya memberikan dukungan kepada Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka, untuk maju sebagai calon gubernur Jawa Tengah pada Pemilu 2024.

Dukungan dari komunitas yang tersebar di wilayah Banyumas, Cilacap, Purbalingga, Banjarnegara, dan Kebumen itu dideklarasikan dalam acara Dopokan, Ngopi Bareng G-Bran Community-Pemimpin Muda Masa Depan Bangsa di area parkir Gelanggang Olahraga Satria Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Minggu (23/10/2022).

Promosi Tenang, Asisten Virtual BRI Sabrina Siap Temani Kamu Penuhi Kebutuhan Lebaran

Ketua Panitia Pelaksana Supriyanto mengatakan 14 komunitas se-Banyumas Raya yang beranggotakan kalangan milenial tersebut menghendaki adanya pemimpin muda di Jawa Tengah.

Ekspedisi Mudik 2024

“Jadi, setelah kami pertimbangkan dan sering ngobrol dengan kawan-kawan komunitas, diputuskan secara aklamasi bahwa kami menghendaki Mas Gibran itu maju sebagai calon gubernur Jawa Tengah tahun 2024,” kata Supriyanto.

Baca Juga: IAI Banyumas Minta Apotek Tarik Sirop Sesuai Edaran BPOM

Dia menuturkan pilihan itu logis karena para anggota komunitas memiliki hak pilih dna hak untuk menentukan siapa kepala daerah mereka. Supriyanto juga menegaskan alasan dukungan diberikan karena Gibran merupakan sosok tokoh muda dan memiliki prestasi saat memimpin Kota Surakarta.

Dalam hal itu, kata dia, para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) sering diundang Gibran untuk ikut serta dalam berbagai kegiatan untuk mempromosikan produk-produk UMKM. Gibran juga telah membawa batik menjadi dikenal dunia internasional dalam suatu acara di Prancis beberapa waktu lalu.

“Itulah landasan kami untuk meminta Mas Gibran maju ke Pilkada Jateng tahun 2024,” jelas dia.

Supriyanto menjelasakan deklarasi dukungan kepada Gibran itu baru pertama kali digelar di Banyumas. Pihaknya berencana menggelar acara serupa di tingkat Jawa Tengah.

Baca Juga: Diduga Dianiaya Suami, Wanita di Semarang Ditemukan Meninggal di Rumahnya

Usai mendeklarasikan dukungannya kepada Gibran, perwakilan dari 14 komunitas se-Banyumas Raya menandatangani piagam deklarasi yang akan diserahkan kepada Gibran di Surakarta dalam waktu dekat.

Ke-14 komunitas yang terlibat itu di antaranya pelaku UMKM, petani milenial, pecinta tanaman bonsai, komunitas ojek daring, suporter sepak bola, blogger, dan pecinta burung berkicau.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya