SOLOPOS.COM - Perkiraan suhu udara di Boyolali Rabu (29/7/2020). (Istimewa/website www.bmkg.go.id)

Solopos.com, SOLO -- Suhu udara di Soloraya pada beberapa hari terakhir terasa lebih dingin, termasuk pada Rabu (29/7/2020).

Berdasarkan data prakiraan cuaca di laman Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Rabu, Kota Solo diperkirakan mencapai suhu terendah 26 derajat Celcius pada Rabu ini. Perkiraan ini merujuk pada suhu udara di pusat kota/kabupaten.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Suhu terendah itu diramal terjadi pada pukul 22.00 WIB malam ini. Selebihnya suhu udara di Solo akan bergerak pada rentang 29 derajat Celcius hingga 33 derajat Celcius.

10 Berita Terpopuler: Warga Asli Tak Tahu Titik Nol Kilometer Klaten

Sedangkan, suhu udara tertinggi di Kota Solo hari ini diramal terjadi pada pukul 13.00 WIB. Bagaimana dengan enam kabupaten lain di Soloraya?

Kabupaten Sukoharjo akan mencapai suhu terendah pada pukul 22.00 WIB dengan suhu 26 derajat Celcius. Sama seperti Solo, suhu udara tertinggi bakal terjadi pada pukul 13.00 WIB siang ini dengan 33 derajat Celcius.

Kabupaten Wonogiri juga diperkirakana mencapai suhu udara terendah pada pukul 22.00 WIB dengan suhu 26 derajat Celcius. Namun, di Kabupaten Gaplek itu suhu udara tertinggi pada pukul 13.00 WIB hanya berkisar 31 derajat Celcius.

Ini Masalah di Kamar Mandi dan Cara Menanganinya

Suhu Udara Terendah Soloraya Terjadi di Boyolali

Kondisi di Klaten sama seperti Wonogiri. Suhu udara terdingin dan terpanas di Klaten diramal masing-masing 26 derajat Celcius dan 31 derajat Celcius.

Sementara itu, di Boyolali suhu udara pada hari ini lebih dingin dibandingkan daerah lainnya di Soloraya. Suhu udara terendah di Kabupaten Susu itu terjadi pada pukul 22.00 WIB dengan suhu 23 derajat Celcius.

Sedangkan suhu udara tertinggi tercapai pada pukul 13.00 WIB dengan suhu 30 derajat Celcius. Sepanjang siang hari ini, suhu udara di Boyolali akan berada di rentang 25 derajat Celcius hingga 30 derajat Celcius.

Hore! KA Argo Lawu, Argo Dwipangga, Taksaka Jalan Lagi, Ada Promo Tiket 25%

Untuk Kabupaten Karanganyar, suhu udara diprediksi sama dengan Wonogiri, dengan suhu terendah 26 derajat Celcius dan tertinggi 31 derajat Celcius.

Sedangkan di Sragen, suhu udara bergerak di rentang 26 derajat Celcius pada malam hari dan pada siang hari mencapai suhu terpanas 33 derajat Celcius pada pukul 13.00 WIB.

Suhu udara yang dingin ini menandakan Indonesia, termasuk Soloraya, memasuki musim kemarau. Sebelumnya, Kepala Seksi (Kasi) Data dan Informasi BMKG Stasiun Klimatologi Semarang, Iis Widya Harmoko, mengatakan suhu udara cenderung dingin saat ini sebenarnya terjadi di beberapa daerah lain di Jawa Tengah.

Polisi Tangkap Artis VS di Bandar Lampung terkait Dugaan Prostitusi

Dia mencatat suhu udara di wilayah Banjarnegara dalam beberapa hari terakhir mencapai 17,6 derajat Celcius pada malam hari. Iis menjelaskan suhu dingin pada malam hari dipengaruhi pertumbuhan awan yang tidak banyak seperti saat musim hujan atau musim transisi.

"Kondisi awan yang tidak terlalu banyak ini menyebabkan energi matahari langsung menuju bumi. Energi matahari yang sampai ke bumi diserap dan dipantulkan kembali ke angkasa pada malam hari," jelas Iis.

Lantaran awan yang sedikit, energi yang dipantulkan ke bumi menjadi tidak ada. Akibatnya, suhu udara menjadi lebih dingin. Perubahan suhu udara ini sebenarnya terjadi setiap tahun. Pada tahun lalu, fenomena serupa terjadi pada Mei. "Tapi saat ini terjadi pada bulan Juli. Ada kemungkinan kemarau tahun ini lebih pendek," kata Iis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya