SOLOPOS.COM - Kepala ESDM Jateng, Sujarwanto Dwiatmoko saat pembukaan Pelatihan Teknis Pembangunan dan Pemasangan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Rooftop secara melalui aplikasi zoom, pada Selasa-Kamis (14-16/9/2021). (Istimewa)

Solopos.com, SEMARANG — Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Ketenagalistrikan Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (PPSDM KEBTKE) bekerja sama dengan Dinas Energi dan Sumber Daya Minerela(ESDM) Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan Pelatihan Teknis Pembangunan dan Pemasangan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Rooftop secara (distance learning) melalui aplikasi zoom, pada Selasa-Kamis (14-16/9/2021).

Kepala Bidang Energi Baru Terbarukan ESDM Jateng, Eni Lestari dalam laporan pembukaan menyampaikan bahwa pelatihan ini sebagai salah satu strategi peran serta energi baru terbarukan dalam mengatasi Pandemi Covid 19. Juga meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Jateng agar dapat berdaya saing berskala nasional dan internasional.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pelatihan ditujukan untuk mempersiapkan sumber daya manusia di Jateng yang memahami pembangunan dan pemasangan PLTS Rooftop. Serta bertujuan untuk memberikan pengetahuan, dan keterampilan bagi penerima bantuan PLTS Rooftop Tahun Anggaran 2021. Juga memberikan pengetahuan peluang bisnis/pekerjaan di bidang PLTS Rooftop, dan agar infratsruktur PLTS Rooftop tetap berkelanjutan.

Baca juga: Tahun Depan Indonesia akan Mulai Produksi Mobil Listrik

Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Jawa Tengah, Sujarwanto Dwiatmoko dalam sambutan pembukaan berterima kasih kepada PPSDM KEBTKE terkait pelatihan ini. Karena PPSDM KEBTKE memilik wahana, memiliki fasilitas untuk mendidik secara keteknisan.

“Kami punya masyarakat dan punya tantangan untuk mengembangkan sumber daya manusia lebih luas di daerah. Kami punya kepentingan untuk membangun sebuah new opportunity core bisnis atau peluang baru untuk berbisnis,” ujar Sujarwanto.

Pihaknya, lanjut dia, sangat mengapresiasi kerjasama pelatihan ini. Karena Dinas ESDM Jawa Tengah terus membangun kemajuan sumber daya manusia. Agar memahami ketenagalistrikan energi baru terbarukan dan konservasi energi.

Baca juga: Kredivo hingga Akulaku, Ini Deretan Startup Fintech Calon Unikorn Potensial di Indonesia

PLTS Rooftop
Pelatihan Teknis Pembangunan dan Pemasangan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Rooftop melalui aplikasi zoom, pada Selasa-Kamis (14-16/9/2021). (Istimewa)

Perkembangan PLTS Rooftop

Ditambahkan Sujarwanti, bahwa pembangunan PLTS Rooftop di UMKM diharapkan dapat membantu mengurangi biaya tagihan bulanan listrik. Sehingga dapat membantu mengurangi biaya operasional dan dapat meningkatkan keuntungan penjualan.

Selain itu, pembangunan PLTS Rooftop di Pondok Pesantren dapat mengurangi biaya tagihan bulanan listrik. Juga dapat menjadi sarana edukasi bagi siswa terkait energi baru terbarukan.

“Tantangan serta potensi perkembangan PLTS Rooftop ke depannya semakin massif. Maka Dinas ESDM Jawa Tengah bekerja sama dengan PPSDM KEBTKE menyelenggarakan pelatihan. Yakni pelatihan pemasangan dan pembangunan PLTS Rooftop kepada UMKM dan sekolah [SMA dan SMK],” tutur Sujarwanto.

Baca juga: 76% Rencana Pembangunan PLTU Berbahan Bakar Batu Bara Batal

Pembangunan PLTS Rooftop yang telah dilakukan harus dijaga keberlanjutannya. Salah satu upayanya dengan melakukan perawatan dan pemeliharaan. Hal ini memerlukan keahlian dan kemampuan teknis dalam pengoperasian dan pemeliharaannya.

Pelatihan ini diharapkan memberikan peningkatan pemahaman peserta dalam melakukan pemasangan dan perawatan PLTS Rooftop. Agar manfaatnya dapat dirasakan dalam jangka waktu yang lama.

“Harapan kami, pelatihan ini dapat menjadi wadah untuk menambah pengetahuan dan keahlian bagi para peserta. Sehingga diharapkan dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Yang kompeten di bidang ketenagalistrikan dan energi baru terbarukan di Jateng,” kata Sujarwanto.

Baca juga: Update Covid-19 Indonesia Hari Ini: Kasus Positif Bertambah 3.948 Orang

Koordinator Penyelenggaraan dan Sarana Prasarana Pengembangan SDM Elin Lindiasari menyampaikan terima kasih kepada Dinas ESDM Jateng. Karena telah mempercayakan PPSDM KEBTKE untuk menyelenggarakan kegiatan pelatihan ini.

“Semoga kolaborasi kegiatan seperti ini dapat berlanjut ke depan. PPSDM KEBTKE sebagai lembaga pemerintah saat ini telah memiliki predikat sebagai wilayah bebas korupsi,” jelas Elin.

PPSDM KEBTKE SIAP menjadi bagian dan partner terpercaya dalam pengembangan SDM Bidang Ketenagalistrikan Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya