Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Diminta Gibran, Sandiaga Siapkan Direct Flight dari Luar Negeri ke Solo

Menparekraf, Sandiaga Uno, menjanjikan akan mempercepat layanan penerbangan langsung dari luar negeri ke Kota Solo atas permintaan Gibran
SHARE
Diminta Gibran, Sandiaga Siapkan Direct Flight dari Luar Negeri ke Solo
SOLOPOS.COM - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno (dua dari kanan) dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Rama (tiga dari kanan) berbincang dengan seniman di The Purwohamijayan, Solo, Sabtu (2/7/2022). (Solopos.com/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO — Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, siap mempercepatn layanan penerbangan langsung dari luar negeri ke Kota Solo. Pernyataan ini disampaikan Sandiaga setelah ada permintaan langsung dari Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka.

“Saya atas permintaan Mas Wali [Gibran Rakabuming Raka] sudah berhubungan dengan maskapai untuk mengajukan izin dan dibantu Mas Wali untuk rekomendasinya. Kami langsung berhubungan dengan Menteri Perhubungan untuk menampah penerbangan langsung luar negeri ke Solo,” kata dia kepada wartawan  di The Purwohamijayan, Solo, Sabtu (2/7/2022) siang.

PromosiJos! Petani & Peternak Klaten Bisa Jadi Penopang Kedaulatan Pangan

Sebelumnya, Gibran meminta dibukanya lagi penerbangan langsung dari luar negeri ke Solo. Layanan ini bukan saja untuk mendukung event internasional yang akan digelar di Solo, seperti ASEAN Para Games dan Forum Trade Investment and Industry Working Group (TIIWG) Group of Twenty atau G20. Namun juga untuk mendukung pengembangan pariwisata Kota Bengawan dan sekitarnya.

Sandiaga menjelaskan penerbangan langsung dari luar negeri ke Bandara Internasional Adi Soemarmo menjadi isu utama dalam pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19.

Baca Juga: Gibran: Percuma Promosi Pariwisata Tak Ada Direct Flight Luar Negeri

Menurut dia, penerbangan luar negeri yang prospektif adalah rute Solo-Singapura. Salah satunya karena Indonesia bakal jadi ketua sekaligus tuan rumah The ASEAN Tourism Forum.

“Kemarin Bali membuka langsung dari Manila [Filipina] dan ternyata langsung full penerbangannya. Warga sudah lama tidak beraktivitas di pariwisata dan destinasi-destinasi yang menarik salah satunya Solo,” ungkapnya.

Sandiaga berharap tiga empat bulan ke depan layanan penerbangan internasional itu bisa terwujud jika tak ada kendala di perizinan. Kalau bisa, sambungnya, lebih dipercepat.

Baca Juga: Kota Solo 2 Kali Gagal Dapat Pengakuan UNESCO, Gibran: Proposale Elek

“Kami mempercepat, Indonesia ditunjuk untuk ASEAN Para Games dan Wali Kota Solo Ketuanya. Saya diminta untuk kesiapan ASEAN Para Games ini membutuhkan penerbangan langsung. Ya segera mungkin,” ungkapnya.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode