SOLOPOS.COM - Jikustik memeriahkan acara malam puncak Pentas Inovasi Mahasiswa (PIM) dan Awarding Night Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) yang digelar di Balairung Universitas, Jumat (25/11/2022) malam. (Istimewa)

Solopos.com, SALATIGA – Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga menggelar malam puncak pentas Inovasi Mahasiswa dan Awarding Night  di Balairung Universitas, Jumat (25/11/2022) malam. Dalam acara itu juga diumumkan pemenang berbagai kompetisi Pentas Inovasi Mahasiswa (PIM) tahun 2022.

Dihelat sejak awal November lalu, belasan mata lomba telah dipertandingkan yakni tari kreasi tradisional, film pendek, baca puisi dan monolog, fun games yang terdiri atas  fun run 5K dan lomba catur, vokal group dan solo vokal, gemastik, fotografi, inovasi digital, rancang bisnis, e-sport, debat, Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM) hingga pemilihan mahasiswa berprestasi (Pilmapres).

Pembantu Rektor III UKSW, Dr. Andeka Rocky Tanaamah, menyebut bahwa PIM yang digagas oleh kantor PR III bidang kemahasiswaan ini adalah kegiatan tahunan mahasiswa UKSW yang bertujuan memetakan bakat. Selain itu juga guna mempersiapkan mahasiswa agar memiliki karakter dan nilai-nilai Satya Wacana melalui bidang humanistik maupun profesional.

“Oleh karena itu kegiatan ini diadakan setiap tahun, sehingga mahasiswa sadar potensinya dan meningkatkan daya saing. Kita juga dapat melihat potensi yang ada untuk selanjutnya dibina ke arah yg jelas dan mendapat hasil dari pembinaan itu menjadi bibit unggul yang berkarakter,” tegasnya.

Menjadi bagian yang tak kalah penting, dalam acara ini juga diserahkan beragam penghargaan oleh jajaran pimpinan UKSW kepada civitas akademika. Penghargaan yang diberikan sebagai apresiasi atas berbagai capaian kinerja ini terbagi menjadi sejumlah kategori.

Baca Juga: UKSW E-Sport Tournament Jadi Ajang Pembuktian E-sport Bukan Sekadar Game

Pembantu Rektor I Bidang Akademik Dr. Iwan Setyawan memberikan penghargaan berupa Innovation Learning Development Lecture Award. Secara berturut Juara I diraih oleh tim yang beranggotakan Frances Sinanu, M.A., Martha Nandari Santoso, M.A., Dian Toar Y.G. Sumakul. M.A., serta Christian Rudianto, M.AppLing dari Fakultas Bahasa dan Seni (FBS).

Juara II diraih oleh tim Martha Nandari Santoso, M.A., Elisabet Titik Murtisari, Ph.D., serta Frances Sinanu, M.A. (FBS). Sedangkan Juara III diraih Prima Warta Santhalia, M.Pd., dari Fakultas Sains dan Matematika (FSM).

Adapun Penghargaan dari Pembantu Rektor II Bidang Administrasi dan Keuangan Dr. Sri Sulandjari, SE., MSIE dalam kategori TENDIKS of the Year 2022 diraih oleh empat Tenaga Kependidikan UKSW yakni Adela Istanto, SPd.,MPd., Agus Wuryanto, S.Kom., Beta Christy Apriliana Putri, SW.,M Ak Akt., serta Rakhel Paskah Kurniawati, SSi,MM.

Sementara itu dari Pembantu Rektor IV Bidang Kerja sama Kelembagaan dan Internasionalisasi Joseph Ernest Mambu, SPd, MA, Ph.D., memberikan penghargaan berupa The Best International Cooperation Initiative Award kepada Fakultas Psikologi serta Highest Sosial Media Engagement Award kepada Fakultas Teknologi Informasi (FTI).

Tak ketinggalan, Pembantu Rektor V bidang Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Dr. Suryasatriya Trihandaru, M.Sc.nat, juga memberikan penghargaan bagi Author with the Highest SINTA Score in 3 years yang jatuh kepada Christine Dewi, SKom.,M.Cs., Ph.D., serta Penghargaan Program Studi (Prodi) with the Highest SINTA Score in 3 years kepada Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Kategori lain yaitu Prodi with the best external research grant achievement, penghargaan ini diraih oleh Prodi Magister Data Sains FSM.

Baca Juga: Didampingi Tim UKSW, Desa Agrowisata di Magelang Ini Olah Sayur Jadi Nuget

Stimulasi Kinerja

Jikustik memeriahkan acara malam puncak Pentas Inovasi Mahasiswa (PIM) dan Awarding Night Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) yang digelar di Balairung Universitas, Jumat (25/11/2022) malam. (Istimewa)
Jikustik memeriahkan acara malam puncak Pentas Inovasi Mahasiswa (PIM) dan Awarding Night Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) yang digelar di Balairung Universitas, Jumat (25/11/2022) malam. (Istimewa)

Seluruh penghargaan diberikan kepada para pemenang oleh masing-masing Pembantu Rektor didampingi Rektor Neil Semuel Rupidara, SE., M.Sc., Ph.D.

Disampaikan Neil, tradisi memberi penghargaan melalui acara seperti ini telah dimulai sejak tahun 2018 dengan penghargaan yang jumlahnya masih terbatas. Pemberian penghargaan ini, disebutnya kemudian diperluas cakupannya sebagai stimulasi kinerja civitas akademika sekaligus penghargaan atas kerja keras yang telah dilakukan.

“Kami berharap prestasi yang telah diraih dapat dirayakan sesuai dengan tema Dies Natalis ke 66 UKSW yakni Bermegah di Dalam Tuhan. Sehingga prestasi dari apapun yang dikerjakan, kesemuanya itu adalah berkat Tuhan bagi kita semua,” pesannya.

Lebih lanjut Neil mengatakan dengan kegiatan semacam ini pihaknya ingin membangun budaya kerja keras dan berprestasi dan ke depan diharapan terus terbentuk dengan lebih baik pagi.

Baca Juga: Paduan Suara UKSW Bawa Pulang Trofi Juara Kedua Pesparawi Nasional

Selain ratusan civitas akademika UKSW, kegiatan ini turut dihadiri oleh Prof. Yinghue Chen, Ph.D., dari Asia University Taiwan. Prof. Chen yang hadir ke UKSW dalam agenda follow up kerja sama yang telah terjalin juga turut mendoakan kesuksesan UKSW.

Dia mengatakan berdasar tradisi chinese, 66 tahun bermakna keberuntungan. Pihaknya mendorong kerja sama di bidang co- teaching dan joint research mengingat Asia University masuk ke empat besar universitas dengan kekuatan riset terbaik di Taiwan.

Adapun tembang-tembang hits milik grup band Jikustik yang akrab dengan suasana kerinduan dan patah hati menutup dengan apik gelaran acara yang digelar dalam rangka menyanbut Dies Natalis ke 66 UKSW ini.

Baca Juga: Ratusan Mahasiswa dan Siswa SD Kunjungi Student on Stage FKIP UKSW

Membawakan sejumlah lagu yang populer seperti 1000 tahun, Aku Bukan Untukmu, Saat Kau Tak Disini, Setia, Puisi, Maaf, So Sweet, serta Tetap Percaya grup asal Yogyakarta ini berhasil menggalaukan seisi BU UKSW.

“Selamat ulang tahun UKSW, semoga setelah pulang dari acara ini yang sedih gak sedih lagi, yang sedang galau hilang galaunya. Buat yang belum lulusn juga segera lulus ya. Semuanya diberikan yang terbaik oleh Tuhan,” seloroh Brian Prasetyoadi sang vokalis.

Digawangi oleh pemain andal yakni Dadik (gitar), Adhit (keyboard), dan Carlo (drum), dalam kesempatan kemarin mereka juga berjanji bahwa Jikustik akan terus memberikan yang terbaik.

Rangkaian acara Malam Puncak PIM dan Awarding Night UKSW turut dimeriahkan dengan penampilan dari pemenang lomba Tari Kreasi Tradisional dan Solo Vokal PIM, Orkes Keroncong Krosanda GKI Salatiga, serta siswa KB TK Kristen 1 Satya Wacana.

Rekomendasi
Berita Lainnya