SOLOPOS.COM - Tangkapan layar komunikasi Ustaz Yusuf Mansur dengan Mokhammad Soleh, peserta patungan usaha asal Mojokerto, Jawa Timur. (Istimewa/ Gus Rofii)

Solopos.com, JAKARTA — Seorang peserta patungan usaha bernama Mokhamad Soleh Bakhri mendapat pengembalian uang patungan usaha dan patungan aset yang digalang Ustaz Yusuf Mansur.

Soleh menerima pengembalian dana Rp16,9 juta dari dana investasi senilai Rp14 juta. Sisa dana Rp2,9 juta tersebut merupakan dana kerahiman dari Yusuf Mansur.

Promosi BRI Borong 12 Penghargaan 13th Infobank-Isentia Digital Brand Recognition 2024

Soleh mendapatkan kembali uang yang ditanam sejak 2012 itu setelah menghubungi Ketua Barisan Ksatria Nusantara (BKN) Muhammad Rofii Mukhlis. Pria berjuluk Gus Rofii itu menjadi mediator Yusuf Mansur dengan orang-orang yang mengaku sebagai korban investasi yang digalangnya.

dana investasi cair
Percakapan Ustaz Yusuf Mansur dengan salah satu investor, Mokhammad Soleh asal Mojokerto, Jawa Timur. (Istimewa/ Gus Rofii)

Berdasarkan tangkapan layar pesan Whatsapp antara Soleh dengan Yusuf Mansur, Soleh mulai menghubungi dai kondang itu pada 27 Desember 2021 setelah sebelumnya difasilitasi oleh Gus Rofii. Setelah dilakukan verifikasi data, dana patungan usaha dan aset itu dikembalikan pada 6 Januari 2022.

“Alhamdulillah sudah mendapat pengembalian,” ujar Gus Rofii kepada Solopos.com, Sabtu (8/1/2022).

Berdasarkan data yang diterima Gus Rofii, Soleh mengikuti patungan usaha senilai Rp12 juta dan patungan aset senilai Rp2 juta. Masing-masing investasi itu mendapatkan satu buah sertifikat.

serifikat patungan aset
Sertifikat patungan aset Mokhammad Soleh

Mokhamad Soleh Bakhri berasal dari Desa Wates, Kecamatan Magersari, Mojokerto, Jawa Timur. Ia menginvestasikan dananya ke Ustaz Yusuf Mansur pada tahun 2012 dan termasuk angkatan ketiga. Sertifikat patungan asetnya mendapat nomor registrasi 12.2013.03.0014 sedangkan patungan usahanya 04.032013.1766. Dua sertifikat tersebut ditandatangani Yusuf Mansur.

“Yang merasa dananya belum dikembalikan bisa menghubungi saya di nomor 0812-9638-2212. Insyaallah saya bantu menghubungkan ke Ustaz Yusuf Mansur. Daripada jadi ghibah di media sosial kan kurang baik,” tutur salah satu aktivis Nahdlatul Ulama (NU) di Jawa Timur ini.

Mokhamad Soleh Bakhri saat dihubungi Solopos.com tidak bersedia berbicara banyak. Namun ia membenarkan sudah mendapatkan kembali uang investasinya setelah meminta bantuan Gus Rofii.

Baca Juga: Gus Rofii Jadi Mediator Ustaz Yusuf Mansur dengan Investor 

Ustaz Yusuf Mansur meminta bantuan Ketua Barisan Ksatria Nusantara (BKN) Muhammad Rofii Mukhlis untuk menjadi mediator dengan orang-orang yang mengaku sebagai korban investasi yang digalangnya.

BKN adalah organisasi yang berisi aktivis-aktivis dari Nahdlatul Ulama (NU). Gus Rofii, sapaan Muhammad Rofii Mukhlis, mempersilakan siapa saja yang merasa menjadi korban investasi Yusuf Mansur untuk menghubungi dirinya di nomor 0812-9638-2212.

Ia berjanji memediasi pelapor dengan Ustaz Yusuf Mansur.

“Ayo kita selesaikan dengan kaidah agama kita, yang diajarkan Baginda Rasulullah Muhammad SAW. Jangan saling fitnah, jangan mau diadu domba. Mangga yang merasa uangnya nyanthol saya jembatani. Saya wakafkan diri saya, nyawa saya untuk ustaz yang baik ini,” ujar Gus Rofii sebagaimana dikutip Solopos.com dari pernyataannya di kanal Youtube Klinik Hukum Santri, Jumat (24/12/2021).

sertifikat patungan usaha
Sertifikat patungan usaha Mokhammad Soleh

Yusuf Mansur menyerahkan kepada Gus Rofii untuk membantunya memediasi dengan orang-orang yang mengaku menjadi korban investasi atau program sedekah yang digaungkannya sejak tahun 2005.

“Udah ini biar ke Gus Rofii saja. Gus yang berpengalaman untuk urusan begini. Kalau ada informasi saya narifin diri saya bahkan ke mana-mana diongkosi panitia, saya gondol sedekah, lapor aja ke sini. Ada satu aja dengan bukti, saya berhenti jadi ustaz,” katanya saat bertemu dengan Gus Rofii.

Kepada Solopos.com, Ustaz Yusuf Mansur mengatakan Gus Rofii adalah sahabatnya yang membantu menyelesaikan persoalan yang kini membuat heboh publik. “Beliau sahabat saja. Mangga kutip saja,” ujarnya melalui pesan Whatsapp.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya