SOLOPOS.COM - Nikita Willy fitness saat hamil muda. (Instagram/@nikitawillyofficial94)

Solopos.com, SOLO — Baru-baru ini, artis Nikita Willy membagikan aktivitasnya berolahraga fitness saat hamil di usia 14 minggu.

Terlihat dari unggahan InstaStory terbarunya, Nikita Willy fitness dipandu oleh seorang trainer.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Di InstaStory itu, artis berusia 27 tahun tersebut mengenakan pakaian olahraga serba hitam dengan perut agak buncit, menandakan dia sedang hamil 14 minggu.

Baca Juga:  Doa dan Amalan yang Dibaca untuk Anak Baru Lahir

Tetapi, sebenarnya boleh enggak sih fitness saat hamil, seperti yang dilakukan Nikita Willy?

Dikutip dari situs kesehatan Halodoc, olahraga saat hamil perlu disesuaikan dengan kemampuan berolahraga, usia kehamilan dan juga kesehatan ibu hamil. Akan tetapi, fitness merupakan kegiatan yang aman untuk tetap dilakukan.

Baca Juga: Resep Cara Membuat Keripik Kaca, Jajanan Hits yang Lagi Viral

Bruce K. Young, MD, seorang profesor kebidanan dan kandungan di Fakultas Kedokteran Universitas New York, mengungkapkan bahwa tidak ada bukti nyata bahwa olahraga berkaitan dengan keguguran.

Namun, dengan catatan, ibu hamil seperti Nikita Willy dianjurkan untuk minum air putih yang banyak untuk mencegah dehidrasi dan tidak berolahraga di luar rumah saat Matahari sedang terik-teriknya. Selain itu, ibu hamil sebaiknya menghindari olahraga terlalu keras.

Baca Juga: Hukum Memuaskan Istri dengan Jari, Bolehkah Menurut Islam?

Olahraga berat tidak akan memengaruhi kondisi janin dalam kandungan, tetapi hal itu akan membuat ibu lebih cepat lelah dibanding saat sebelum hamil dulu. Maka dari itu, tetap disarankan untuk berolahraga tidak terlalu keras.

Untuk itu, sebaiknya ibu hamil, seperti Nikita Willy harus memperhatikan beberapa hal berikut ini saat melakukan olahraga fitness.

Baca Juga:  Gak Harus Dua, Seharusnya Berapa Kali Mandi dalam Sehari?

Tips Aman Fitness Saat Hamil, Seperti Nikita Willy

1. Selalu melakukan pemanasan sebelum berolahraga dan pendinginan setelahnya

2. Mengenakan pakaian olahraga yang nyaman dan menyerap keringat serta bra yang mendukung payudara ibu

3. Jangan lupa untuk banyak minum air putih selama berolahraga, setidaknya 500 mililiter setiap 30 menit, terutama saat cuaca panas

4. Bila ibu mengikuti kelas-kelas tertentu di tempat fitness, pastikan instruktur kelas tersebut tahu bahwa ibu sedang hamil, sehingga ia bisa memberi option gerakan yang lebih ringan untuk ibu

5. Jangan memaksakan diri berolahraga secara berlebihan. Kuncinya adalah ibu seharusnya masih bisa bercakap-cakap tanpa ngos-ngosan selama fitness saat hamil. Bila napas ibu sudah terengah-engah saat berbicara, itu tandanya ibu sudah berolahraga terlalu keras dan perlu beristirahat

6. Hindari jenis latihan yang mengharuskan ibu untuk berbaring telentang dalam waktu yang lama, terutama bila usia kehamilan sudah menginjak 16 minggu. Ini karena bobot janin yang sudah semakin berat di perut ibu akan menekan pembuluh darah utama yang membawa darah kembali ke jantung dan ini bisa membuat ibu menjadi lemas.

Baca Juga: Anak Angkat Ungkap Permintaan Dorce Gamalama Sebelum Hilang Kesadaran

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya