SOLOPOS.COM - Ilustrasi berbuka puasa. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO — Puasa Tarwiyah yang dilaksanakan pada 8 Zulhijah atau bertepatan pada Jumat, 8 Juli 2022 ini bisa dilaksanakan umat muslim dengan diawali membaca niat yang ada di bawah ini.

Menyambut Hari Raya Iduladha di bulan Zulhijah, umat muslim disunahkan untuk melakukan dua puasa sunah, yakni puasa Tarwiyah dan Arafah.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Keutamaan menjalani dua puasa sunah ini diyakini bisa menghapuskan dosa dua tahun untuk puasa Arafah dan satu tahun untuk Tarwiyah. Umat muslim sangat dianjurkan melakukan dua puasa sunah ini karena turut merasakan nikmat yang sedang dirasakan oleh para jamaah haji yang sedang menjalankan ibadah di Tanah Suci.

Baca Juga: Desa Tertinggi di Jawa Tengah Diklaim Punya Sunrise Tercantik di Asia

“Puasa hari Tarwiyah dapat menghapus dosa setahun. Puasa hari Arafah dapat menghapus dosa dua tahun.” (HR Abus Syekh Al-Ishfahani dan Ibnun Najar).

Sebelum melakukan puasa Tarwiyah, umat muslim diminta untuk membaca niatnya di malam hari sebelum melakukan sahur, sebagaimana diungkap Nahdlatul Ulama dalam situs resminya NU online.

Baca Juga: Hukum Akikah dan Kurban di Hari Raya Iduladha, Boleh Digabung?

Nawaitu shauma ghadin ‘an adaa’i sunnati yaumit tarwiyah lillaahi ta‘aalaa.

Artinya: Aku berniat puasa sunnah Tarwiyah esok hari karena Allah SWT.

Baca Juga: Perbedaan Puasa Tarwiyah dan Arafah, 2 Puasa Sunah Jelang Iduladha

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya