Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Dikukuhkan Jadi Ikon Kuliner Solo, Ini Respons Bakul Nasi Liwet Legend

Sejumlah penjual nasi liwet legendaris di Kota Solo menanggapi pengukuhan menu makanan tersebut sebagai ikon kuliner Kota Bengawan.
SHARE
Dikukuhkan Jadi Ikon Kuliner Solo, Ini Respons Bakul Nasi Liwet Legend
SOLOPOS.COM - Penjual Nasi Liwet Bu Wongso Solo menyiapkan satu porsi nasi liwet untuk pelanggan di lapaknya Jl Teuku Umar, Keprabon, Banjarsari, Solo, Senin (20/6/2022). (Solopos/Siti Nur Azizah)

Solopos.com, SOLO — Sejumlah bakul nasi liwet yang sudah legendaris dan terkenal di Kota Solo memberikan tanggapannya mengenai pengukuhan Solo sebagai Kota Nasi Liwet. Pengukuhan makanan itu sebagai ikon kuliner Kota Bengawan itu dikukuhkan Forum Budaya Mataram di halaman Balai Kota Solo, Minggu (19/6/2022).

Para pedagang berharap nasi liwet ke depan semakin laris dan digemari. Harapan itu seperti diungkapkan Atik Tri Wulandari, pemilik warung nasi liwet legendaris Bu Wongso Lemu Asli di Jl Teuku Umar, Keprabon, Banjaraari, yang sudah berdiri sejak 1950.

PromosiNimo Highland, Wisata Hits di Bandung yang Mirip Santorini Yunani

Atik  merupakan generasi keempat dalam keluarganya yang meneruskan usaha rintisan nenek buyutnya tersebut. Ia berharap dengan dikukuhkannya sebagai ikon kuliner Kota Bengawan, nasi liwet  akan selalu laris, ramai, dan makin diminati masyarakat.

“Malah bagus ya, nasi liwet bisa terkenal ke mana-mana, ya harapannya kelancaran usaha ya kalau saya, dan juga semakin diminati. Soalnya makanan tradisional semakin tergerus oleh makanan-makanan cepat saji,” tuturnya saat ditemui Solopos.com, Senin (20/6/2022).

Penjual Nasi Liwet Mbok Mami menyiapkan satu porsi nasi liwet untuk pelanggan di lapaknya Jl Dr Rajiman, Sondakan, Laweyan, Solo, Senin (20/6/2022. (Solopos/Siti Nur Azizah)

Hal senada disampaikan pemilik Nasi Liwet Yu Sani di Jl Veteran, Gajahan, Pasar Kliwon, Sani, 36. Pemilik warung yang buka malam hari ini juga mengharapkan agar nasi liwet tidak lekang oleh waktu dan terus menerus dilestarikan.

Baca Juga: Solo Dikukuhkan Jadi Kota Nasi Liwet, Berharap Diakui UNESCO

“Tentu ya yang pertama memperkenalkan nasi liwet ke seluruh daerah sebagai kuliner tradisional asli Solo, sebagai identitas yang harus dijaga, dilestarikan,” ucap Sani saat diwawancarai Solopos.com di lapaknya Senin malam.

Kedua, Sani berharap masyarakat semakin banyak yang suka nasi liwet dan sehingga dagangannya juga laris. Ketiga, untuk para wisatawan, ia berharap agar mereka selalu ingin kembali ke Solo untuk menikmati nasi liwet.

Ngangeni

“Istilahnya ngangeni ya, saat berkunjung, apalagi sekarang banyak juga ya yang jualan nasi liwet di mana-mana, semakin laris,” ujarnya. Pemilik warung Nasi Liwet Mbok Mami di seberang Pasar Jongke di Jl Dr Rajiman, Sondakan, Laweyan, Kusniati, 40, juga mengaku ikut senang nasi liwet jadi ikon kuliner Kota Bengawan.

Baca Juga: Nasi Liwet Dikukuhkan Sebagai Ikon Kuliner Solo, Jadi Daya Tarik Wisata

Ia berharap nasi liwet selalu dikenal dan dikenang, khususnya bagi wisatawan. “Kalau saya sendiri ya senang, harapannya juga semua penjual nasi liwet di Solo semakin laris manis,” ucapnya saat diwawancarai Solopos.com, Senin.

Kusniati mengatakan banyak wisatawan luar kota yang datang ke warungnya. Dengan pengukuhan nasi liwet sebagai ikon kuliner Kota Budaya ini tentu akan membuat nasi liwet semakin dikenal luas.

Berdasarkan catatan Solopos.com, Forum Budaya Mataram mengukuhkan Solo sebagai Kota Nasi Liwet. Acara pengukuhan berlangsung Minggu (19/6/2022) di halaman Balai Kota Solo.

Baca Juga: Rahasia Kelezatan Nasi Liwet, Kuliner Tradisional Solo yang Eksis Abis

Sebanyak 1.000 pincuk nasi liwet ludes diserbu warga masyarakat saat acara pengukuhan tersebut. Kegiatan tersebut berlangsung di Halaman Balai Kota Solo pukul 06.00 WIB bersamaan dengan pelaksanaan Solo Car Free Day (CFD).



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode