SOLOPOS.COM - Kepala Unit (Kanit) Patroli Satlantas Polres Klaten, Ipda Badi, membantu seorang penyandang disabilitas di Jl. Ronggo Warsito, tepatnya di depan Kantor Kecamatan Klaten Utara, Senin (24/1/2022) pagi. Aksi itu sempat mencuri perhatian sejumlah pengguna jalan. (Istimewa)

Solopos.com, KLATEN—Aksi Kepala Unit (Kanit) Patroli Satlantas Polres Klaten, Ipda Badi yang membantu seorang penyandang disabilitas di Jl. Ronggo Warsito Klaten, tepatnya di depan Kantor Kecamatan Klaten Utara, Senin (24/1/2022) pagi mencuri perhatian sejumlah pengguna jalan.

Sempat dikira ingin menangkap seorang penyandang disabilitas, ternyata aksi Ipda Badi yang diawali dengan berlari di tengah padatnya arus lalu lintas itu ingin memberikan bantuan tenaga ke seorang penyandang disabilitas.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Berdasarkan informasi yang dihimpun Solopos.com, aksi Ipda Badi membantu seorang penyandang disabilitas asal Bayat tersebut bermula saat dirinya berpatroli di kawasan perkotaan di pagi hari. Senin (24/1/2022) pukul 06.45 WIB, Ipda Badi berada di Jl. Ronggo Warsito, tepatnya di depan Kantor Kecamatan Klaten Utara. Saat itu, arus lalu lintas di lokasi kejadian ramai lancar.

Baca Juga: Pensiun, 38 Anggota Polres Klaten Naik Becak Bersama Istri dan Anak

Ekspedisi Mudik 2024

Di saat bersamaan, terdapat pengendara sepeda motor roda tiga yang melintas di depan Kantor Kecamatan Klaten Utara. Waktu itu, mesin kendaraan roda tiga yang ditumpangi seorang penyandang disabilitas mogok di pinggir jalan. Melihat hal itu, spontan Ipda Badi yang sudah turun dari sepeda motornya berlari mendekati pengendara sepeda motor.

Sejumlah penggguna jalan sempat memusatkan perhatiannya ke aksi Ipda Badi yang mendekati penyandang disabilitas berhelm hitam tersebut. Di hadapan penyandang disabilitas, Ipda Badi menjelaskan ingin memberikan bantuan.

“Sesuai pengakuannya, penyandang disabilitas asal Bayat tadi ingin menempuh perjalanan dari Klaten ke Jogja. Sepeda motornya tiba-tiba mogok di jalan,” kata Ipda Badi, kepada Solopos.com, Senin (24/1/2022).

Baca Juga: Video Detik-Detik Remaja Pengemudi Mobil VW Terobos Penyekatan Hingga Tabrak Polisi Klaten

Di hadapan penyandang disabilitas asal Bayat, Ipda Badi semula berusaha menghidupkan mesin sepeda motor yang sudah dimodifikasi sesuai peruntukan penyandang disabilitas itu. Setelah berulangkali dicoba, ternyata mesin sepeda motor tak kunjung menyala. Akhirnya, Ipda Badi mengecek busi sepeda motor.

“Busi sepeda motor dibersihkan. Setelah itu, yang bersangkutan langsung jalan kembali [melanjutkan perjalanan ke arah Jogja],” katanya.

Aksi Ipda Badi yang menolong seorang penyandang disabilitas di kawasan perkotaan Klaten itu mampu menyedot perhatian pengguna jalan lainnya. Di samping itu, aksi itu juga menjadi bahan perbincangan di media sosial (medsos). Salah satunya di akun grup Facebook (FB) @INFO CEGATAN KLATEN.

Baca Juga: Jemput Bola Layanan SKCK, Polisi Klaten Jadi Tempat Curhat

Dalam unggahan di medsos, aksi Ipda Badi dan salah seorang anggota Satlantas Polres Klaten lainnya itu sempat dikira ingin melakukan penangkapan karena kendaraan tak standar. Ternyata, hal itu ditujukan untuk membantu seorang penyandang disabilitas yang sepeda motornya mogok di depan kantor Kecamatan Klaten Utara.

“Mendoakan yang terbaik buat dua anggota polisi yang berbudi dan berhati luhur. Semoga diberi panjang umur, sehat, dan dimudahkan rezeki oleh Alloh SWT,” kata @Aditya Rio Wibowo dalam unggahannya di akun grup FB @INFO CEGATAN KLATEN.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya