Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Dikenal sebagai Pengusaha dan Politikus, Segini Total Kekayaan Surya Paloh

Sering diebut sebagai  salah satu ketua umum parpol terkaya di Indonesia, total kekayaan yang dimiliki oleh Surya Paloh menjadi sorotan publik.
SHARE
Dikenal sebagai Pengusaha dan Politikus, Segini Total Kekayaan Surya Paloh
SOLOPOS.COM - Suryo Paloh (Antaranews.com)

Solopos.com, SOLO – Sering diebut sebagai  salah satu ketua umum parpol terkaya di Indonesia, total kekayaan yang dimiliki oleh Surya Paloh menjadi sorotan publik.

Sosok Ketua umum partai Nasdem ini juga merupakan bos di salah satu jaringan media terbesar di Indonesia.

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

Latar belakang sebagai ketua umum parpol dan pengusaha, kerap kali memunculkan rasa penasaran masyarakat berapa kekayaan yang dimiliki oleh Surya Paloh.

Dirangkum dari berbagai idxchannel dan sumber lain, pada 2018, total kekayaan yang dimilki oleh Surya Paloh bekisar Rp8,74 triliun, dengan jumlah kekayaan yang begitu besar itu membuatnya menjadi orang terkaya ke 77 di Indonesia dari 150 orang berdasarkan Versi Globe Asia.

Namun kekayaan yang dimiliki saat ini tak lepas dari kerja keras yang dilakukannya. Sebelum sukses, Surya Paloh pernah bekerja sebagai penjual ikan asin, karung goni, hingga menjual teh pada saat masih duduk di bangku sekolah.

Baca Juga: Anies Jadi Capres, 2 Petinggi Nasdem Semarang Mundur

Sumber kekayaan yang dimiliki oleh Surya Paloh berasal dari pertambangan yang dikelolanya dengan nama PT Emas Mineral Murni untuk mengelola emas, PT Pusaka Marmer Indahraya untuk mengelola marmer, dan PT Surya Energi Raya mengelola minyak dan gas.

Surya Paloh juga memiliki beberapa hotel bisnis yang dikelola oleh Media Group Hospitality seperti The Pepandayan, The Media Hotel and Tower, dan InterContinental Bali Resort.

Selain itu Surya Paloh juga memiliki Media Group yang mencakup media cetak, media online, dan media elektronik.

Baca Juga: Nasdem Resmi Usung Anies Capres, Begini Reaksi Ganjar Pranowo

Harta Surya Paloh juga bersumber dari usaha catering yang didirikan pada 1978 dengan nama PT Indocater, yang berfokus pada penyedia makanan dan catering untuk perusahaan besar.

Dengan total harta kekayaan mencapai Rp8,74 triliun yang diperoleh dari sejumlah usaha, tak heran Surya Paloh menjadi salah satu orang terkaya di Indonesia.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode