SOLOPOS.COM - Sebagai salah satu aktor utama dalam produk anti-aging, retinol disebut-sebut punya kemampuan merangsang produksi kolagen. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO-Dikenal memiliki banyak manfaat terutama untuk peremajaan kulit, apa itu retinol? Simak ulasannya di tips perawatan kecantikan kulit untuk wanita berikut ini.

Bagi kalian yang rutin melakukan perawatan kulit, tentu sudah tidak asing lagi dengan kandungan bahan satu ini yang kerap ditemukan di dalam produk skincare.  Tapi sebenarnya apa saja sih fungsi krim ini?

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dikutip dari olay.co.id, Rabu (3/8/2022), salah satu fungsi krim retinol adalah untuk melawan hiperpigmentasi yang berarti kulitmu akan jadi lebih bersinar dan bintik-bintik hitam di wajah akan berkurang. Selain itu bisa meningkatkan produksi kolagen dan antioksidan.

Setelah mengetahui beberapa manfaatnya, sebenarnya apa itu retinol? Dikutip dari laman Harvard Medical School, retinol atau retinoid adalah zat yang dibuat dari vitamin A. Zat ini awalnya digunakan sebagai obat jerawat sekitar tahun 1970-an. Namun, para peneliti menemukan fungsi lainnya, salah satunya mencegah penuaan.

Baca Juga: Somasi Skincare T, Akun Mayang Adik Vanessa Angel Diserbu Warganet

Sebagai salah satu “aktor utama” dalam produk anti-aging, retinol disebut-sebut punya kemampuan merangsang produksi kolagen. Tidak hanya itu, retinol juga mempercepat proses pembaruan sel-sel kulit mati serta membuat tekstur kulit menjadi lebih halus.

Retinol dibagi menjadi beberapa jenis sesuai tingkat kekuatannya. Produk yang bisa dibeli bebas biasanya mengandung retinyl palmitate, retinol, retinaldehyde, atau adapalene. Adapalene juga banyak ditemukan dalam produk untuk mengobati jerawat.

Ada pula jenis retinol yang jauh lebih kuat seperti tretinoin dan tazarotene. Keduanya memerlukan resep karena pengaruhnya sangat kuat terhadap kulit. Efeknya memang muncul lebih cepat, tapi risiko terjadinya iritasi juga lebih besar.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Brand Skincare Lokal untuk Atasi Masalah Jerawat

Apa pun jenis retinol yang kamu  gunakan, pada dasarnya semua akan memberikan hasil pada kulit setelah pemakaian jangka panjang sesuai aturan. Kulit rata-rata mulai menunjukkan perkembangan setelah sedikitnya tiga bulan pemakaian produk.

Nah setelah mengetahui apa itu retinol, ketahui juga efek sampingnya berikut ini seperti dikutip dari hellosehat.com pada Rabu (3/8/2022):

– kulit kering dan iritasi,
– perubahan pada warna kulit,
– kulit lebih sensitif terhadap sinar matahari, serta
– kulit jadi kemerahan, bengkak, keras, atau melepuh.

Baca Juga: Begini Kiat Cegah Garis Kerutan di Leher

Hindari sinar matahari saat sedang menggunakan krim retinol, terutama antara pukul 10 pagi dan 2 siang. Bila Anda hendak keluar rumah dan akan terkena sinar matahari, gunakan pelembap dan tabir surya minimal SPF 30 atau lebih tinggi.

Retinoid sebaiknya juga tidak digunakan oleh ibu hamil. Pasalnya, retinol dan berbagai zat turunan vitamin A berisiko mengganggu perkembangan janin di dalam kandungan serta menimbulkan kelainan pada tulang belakang dan wajah bayi yang lahir.

Risiko ini bertambah besar jika ibu hamil menggunakan krim retinol secara berlebihan dan untuk waktu yang lama. Oleh sebab itu, ibu hamil disarankan untuk menggunakan produk perawatan kulit lain untuk menggantikan retinol.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya