SOLOPOS.COM - Petugas Dinas Perhubungan dan Tim BPPKAD Solo mengecek alat parkir basemen Solo Grand Mall pada Kamis (6/5/2021) siang. (Istimewa/Solo Grand Mall)

Solopos.com, SOLO -- Tim Dinas Perhubungan dan Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan Dan Aset Daerah (BPPKAD) Kota Solo mengecek tarif parkir Solo Grand Mall, Kamis (6/5/2021).

Hal itu untuk merespons keluhan pengguna parkir pusat perbelanjaan tersebut yang diunggah di media sosial belum lama ini. Keluhan itu salah satunya diunggah akun Instagram @energisolo, Rabu (5/5/2021).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Lewat akun tersebut, salah seorang warga mengirimkan keluhan tentang tarif parkir di salah satu mal yang namanya disamarkan. Pengirim pesan menganggap tarif parkir di salah satu mal Solo itu tidak wajar.

Baca Juga: Solo Ternyata Punya Linmas Pariwisata Loh, Apa Saja Tugasnya?

Warga tersebut menuliskan parkir dua jam harus membayar Rp5.000 dengan alasan sistem parkir rusak. Lalu, saat ia parkir satu jam juga dimintai Rp5.000. Ia menganggap oknum itu mengambil kesempatan dalam kesempitan.

Menurut warga itu, tarif parkir seharusnya sepantasnya saja jika sistem memang sedang rusak. Sementara itu, Kepala Bidang Perparkiran Dishub Solo, Henry Satya Nagara, membenarkan sudah mengecek langsung parkir Solo Grand Mall bersama Tim BPPKAD.

tarif parkir solo grand mall
Unggahan berisi keluhan dari pengguna parkir salah satu mal yang menilai tarif parkir mal tersebut tidak wajar. (Instagram @energisolo)

Hal itu karena parkir basement Solo Grand Mall merupakan objek pajak. Menurutnya, dalam pengecekan tidak ditemui kecurangan. Namun Dishub memberikan beberapa rekomendasi.

Baca Juga: 7 KA Ini Siap Melayani Perjalanan Mendesak Dari Solo Selama Larangan Mudik

Ia menyebut berdasarkan pengecekan itu pada 3-4 Mei alat parkir SGM sedang rusak. Namun, saat dicek tidak ada catatan penarikan parkir senilai Rp5.000. Saat itu, penerapan tarif progresif hanya berdasarkan interview jam masuk.

Media Informasi Tarif

“Memang tidak ada kecurangan, tapi kami minta untuk menambah media informasi tarif. Lalu ada petugas khusus untuk memastikan waktu masuk dan keluar kendaraan saat alat rusak. Manajemen parkir juga harus lebih siap merepons masalah,” paparnya kepada Solopos.com, Kamis.

Terpisah, General Manager Solo Grand Mall, Bambang Sunarno, kepada wartawan, membenarkan ada pengecekan tarif parkir oleh Dishub dan BPPKAD Solo, Kamis.

Baca Juga: Waduh! DPRD Solo Sebut Pasar Klewer Memprihatinkan Dan Terancam Mati

Ia menjelaskan sebelumnya ada aduan mengenai parkir SGM dari salah satu akun media sosial. Mengetahui ada aduan itu, tim perparkiran Solo Grand Mall sudah berusaha menghubungi pengguna akun medsos dimaksud untuk klarifikasi.

“Tetapi hingga saat ini akun tersebut tidak merespons dan belum mengirimkan bukti adanya kecurangan tarif parkir. Padahal jika memang terbukti ada kecurangan, kami akan menindaklanjuti aduan itu,” paparnya, Kamis.

Baca Juga: Penyekatan Pemudik Solo Dimulai, 2 Kendaraan Luar Kota Disuruh Putar Balik di Faroka

Lebih lanjut, Bambang berterimakasih kepada Pemkot Solo yang mengecek langsung ke lokasi parkir. Menurutnya, meskipun tidak ditemukan kecurangan tarif parkir, tim pengelola parkir Solo Grand Mall bakal terus meningkatkan pelayanan perparkiran.

Selain itu, akan ditambah media informasi tarif retribusi parkir di beberapa lokasi strategis sesuai rekomendasi Dishub. Sebelumnya, pengelola juga sudah menempatkan info tarif pada akses masuk atau lokasi pengambilan tiket dan akses keluar kendaraan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya