Dikawal Polisi-Dishub, Mesin Ukuran Besar Diangkut Truk ke PLTSa Solo

Kendaraan yang mengangkut komponen mesin berukuran besar mendapat pengawalan ketat dari Semarang menuju lokasi PLTSa di TPA Putri Cempo, Mojosongo, Solo.
Dikawal Polisi-Dishub, Mesin Ukuran Besar Diangkut Truk ke PLTSa Solo
SOLOPOS.COM - Truk mengangkut komponen mesin berukuran besar menuju lokasi PLTSa di TPA Putri Cempo Solo, Jumat (26/11/2021). (Istimewa/Dishub Solo)

Solopos.com, SOLO — Komponen-komponen mesin berukuran besar untuk Pembangkit Listrik Tenaga Sampah atau PLTSa Putri Cempo, Solo, mulai didatangkan, Jumat (26/11/2021). Ukuran komponen mesin yang besar, mengharuskan adanya pengawalan agar tak mengalami hambatan selama di perjalanan.

Kabid Lalu Lintas Dinas Perhubungan Solo, Ari Wibowo, mengatakan komponen mesin tersebut diberangkatkan dari Semarang sekitar pukul 21.00 WIB. Truk kontainer pengangkut mesin mulai tiba di Solo sekitar pukul 01.30 WIB.

Ia mengatakan satu truk kontainer itu mengangkut satu komponen dengan lebar sekitar 7,2 meter. Truk memasuki Solo melalui jalan nasional.

“Jadi masuk melalui Kleco. Kemudian sampai simpang Hotel Alila ke kiri masuk Jl Prof Dr Soeharso. Sesampainya di simpang Fajar Indah ke arah kanan melalui Jl Adi Sucipto. Sampai perempatan Patung Wisnu, Manahan, ke kiri,” jelasnya kepada Solopos.com, Jumat (26/11/2021).

Baca Juga: Pemimpin Mangkunegaran Solo Harus Kuasai Ilmu Hasta Brata, Apa Itu?

Dari Manahan, kendaraan pengangkut mesin PLTSa Solo itu berjalan menyusuri Jl Letjen Suprapto, kemudian masuk ke Jl Ki Mangun Sarkoro hingga menuju palang Joglo. Melewati Jl Sumpah Pemuda, truk mengarah ke TPA Putri Cempo. Truk sampai di lokasi PLTSa Putri Cempo sekitar pukul 05.00 WIB.

Pengiriman Bertahap

Menurut informasi, komponen mesin berukuran besar yang telah dikirim itu merupakan satu dari delapan unit alat yang akan didatangkan. Namun pengiriman dilakukan secara bertahap.

“Tadi malam diujicobakan satu unit berangkat dengan pengawalan PJR dari Polda [Jawa Tengah]. Kemudian dari Dishub [Dinas Perhubungan Solo] ada tim pemanduan dua unit sepeda motor. Ada juga tim derek yang meluncur di awal, memastikan tidak ada mobil yang parkir di tepi jalan,” katanya.

Baca Juga: Pekerjaan Molor, Pelaksana Proyek Jembatan Jonasan Solo Kena Penalti

Ari mengatakan pengiriman mesin PLTSa Solo tersebut berjalan lancar. “Khusus di palang Joglo, setelah Kantor Pos Nusukan, kendaraan ambil kanan median. Harusnya lewat lajur kiri namun truk harus ambil jalur kanan untuk bermanuver,” katanya.

Pengiriman mesin tersebut direncanakan dilakukan bertahap. Namun untuk mengantisipasi kemacetan, pengiriman dilakukan selain hari Sabtu dan Minggu.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Solo, Gatot Sutanto, membenarkan adanya pengiriman komponen mesin berukuran besar untuk PLTSa tersebut. “Ini baru tahap pertama. Nantinya ada tahap selanjutnya,” katanya, Jumat.


Berita Terkait
    Promo & Events
    Honda Motor Jateng
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago