SOLOPOS.COM - Petugas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) membantu calon haji kekompok terbang pertama dari embarkasi Jakarta Bekasi setiba di Bandar Udara Internasional Amir Muhammad bin Abdul Aziz, Madinah, Sabtu (4/6/2022). (Antara/Media Center Haji 2022)

Solopos.com, JAKARTA–Kementerian Agama memastikan belum mendapatkan informasi resmi terkait beredarnya kabar penambahan kuota haji sebanyak 10.000.

“Kemenag masih menunggu kepastian informasi terakhir secara resmi terkait adanya tambahan kuota haji dari pihak Arab Saudi,” ujar Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Hilman Latief, seperti dikutip dari laman resmi Kemenag, Kamis (23/6/2022).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Hilman menjelaskan operasional pemberangkatan jemaah haji sudah berlangsung lebih 20 hari.

Pemberangkatan jemaah haji gelombang pertama yang mendarat di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah sudah selesai.

Sekarang sudah memasuki hari kelima pemberangkatan jemaah haji gelombang kedua yang mendarat di Bandara King Abdul Aziz, Jeddah.

Baca Juga: Tabungan Haji Harus Masuk Laporan SPT

“Data per hari ini, 57.100 jemaah sudah tiba di Arab Saudi. Artinya sudah lebih 50% yang diberangkatkan,” jelas Hilman.

Menurut dia, Kemenag saat ini terus fokus memberikan layanan terbaik kepada para jemaah haji Indonesia yang sudah berada di Arab Saudi dan juga yang masih dalam tahap pemberangkatan.

Proses pemberangkatan jemaah haji Indonesia ke Arab Saudi akan berlangsung hingga 3 Juli 2022.

Setelah itu, jemaah akan memasuki fase puncak haji, yaitu Wukuf di Arafah.

Seperti diketahui, Indonesia mendapat kuota haji sebesar 100.051 jemaah untuk tahun ini, baik kuota haji reguler dan khusus.

Baca Juga: HAJI 2022: Saudia Airlines Layani 5 Embarkasi, Garuda 9 Embarkasi

Pembagian kuota haji reguler dan khusus dilakukan mengikuti alokasi yang ditetapkan oleh Pemerintah Arab Saudi.

Secara sistem, melalui e-Haj, Pemerintah Arab Saudi membagi sebanyak 92.825 untuk jemaah haji reguler dan 7.226 untuk jemaah haji khusus

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya