SOLOPOS.COM - Gray Canyon, Kabupaten Kudus (Instagram/@explorekudusraya)

Solopos.com, KUDUS — Selain dikenal sebagai wisata religi karena nuansa agamisnya yang kental, Kabupaten Kudus juga memiliki wisata-wisata yang menarik. Wisata ini umumnya mengandalkan pesona alam lantaran letak geografisnya berada di kaki Gunung Muria.

Berikut ini 5 wisata alam yang ada di Kabupaten Kudus:

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Wana Wisata Ternadi

Mengutip situs Detik.com, wisata ini cocok bagi wisatawan yang ingin mencari pemandangan pegunungan hijau dan asri. Ditambah dengan suhunya yang sejuk membuat para wisatawan yang berkunjung merasa betah berada di tempat ini.

Baca Juga: Pengadaan Mebel 34 Sekolah di Kudus Butuh Rp1,5 Miliar

Tempat wisata ini terletak di Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus. Di sini, pengunjung bisa mengambil banyak foto dengan property yang disediakan, seperti panggung I LOVE U, perahu kayu, dan matahari raksasa.

Gray Canyon

Jika di Amerika Serikat ada Grand Canyon, di Kabupaten Kudus ada Gray Canyon. Destinasi wisata yang terletak di Desa Tanjung Rejo, Kecamatan Jekulo ini merupakan area tambang baru dan pasir yang diubah menjadi tempat wisata yang populer.

Sisa-sisa galian meninggalkan tebing-tebing cantik yang Instagramable. Waktu terbaik mengunjungi Gray Canyon adalah sore hari sembari menunggu matahari terbenam.

Baca Juga: Kudus Mulai Aman Covid-19, Kamar Hotel Terisi Tamu

Puncak Natas Angin, Gunung Muria

Bagi pengunjung yang ska dengan wisata alam dan mendaki, wajib mengunjungi Puncak Natas Angin yang merupakan salah satu puncak Gunung Muria. Medan menuju puncak ini terbilang menantang dan dibutuhkan waktu sekitar 6 jam untuk mencapainya. tapi begitu tiba di puncak, rasa lelah akan terbayarkan dengan pemandangan keren dan lautan awan yang menyambut.

Air Terjun Montel

Di kawasan Gunung Muri aini ada air terjun cantik yang sayang jika dilewatkan. Air Terjun Montel ini memiliki ketinggian sekitar 50 meter dan dikelilingi pemandangan yang cantik. Mengutip dari Okezone.com, Air terjun Montel yang terletak di kaki Gunung Muria, Colo, ini terbilang populer di Kabupaten Kudus. Airnya yang menyegarkan dan rimbunnya pepohonan menjadi daya tarik wisatawan yang berkunjung ke sana.

Di bawah air terjun ini memiliki kolam alami yang sering digunakan untuk berendm atau sekedar membasuh muka. Selain itu, pemandangan hijau yang indah dari air terjun membuat para pecinta fotografi senang mengambil gambar di sana.

Baca Juga: Petani Kudus Minta Alat Pengolah Cabai Bubuk

The Hills Vaganza

Destinasi ini terbilang cukup baru tapi memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Di sini tersedia pula area outbond, area bermain dan kolam renang. Selain itu, juga terdapat spot foto-foto keren dan kafe yang dikelilingi dengan suasana hijau Gunung Muria.

Tempat wisata ini berdiri di lahan seluas 1 hektar dan sang pemilik awalnya memang memiliki ide untuk menciptakan wisata alam kekinian yang dipadukan dengan tempat makan yang modern pula. Sedangkan pemilihan nama The Hills Vaganza didasari oleh konsep wisata alam yang berbentuk perbukitan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya