Solopos.com, SRAGEN — Sebanyak 700 orang melakukan kirab budaya dengan membentangkan bendera Merah Putih sepanjang 1.000 meter dan membawa satu gunungan hasil pertanian dalam peringatan ulang tahun Pasar Bahulak, Desa Karungan, Plupuh, Sragen, Minggu (23/10/2022).

Pantauan Solopos.com, para warga bersemangat dengan berjejer rapi dalam membentangkan bendera merah putih sepanjang 1.000 meter dalam acara bertajuk Bahulak Ambal Warsa itu. Sedangkan untuk mengangkat gunungan setinggi dua meter berisi berbagai sayur dan buah butuh empat orang laki-laki dewasa.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Baca Juga: Agenda Solo: Grebeg Rojomolo Dimulai Hari Ini dengan Festival Kuliner di Mojo

Ekspedisi Mudik 2024

Para warga tersebut berjalan kaki dengan jarak 1,5 kilometer di sepanjang jalan Dukuh Sawahan, Desa Karungan, hingga depan Gapura Pasar Bahulak Sragen, mulai pukul 07.00 WIB hingga 08.30 WIB. Pembentangan bendera Merah Putih tersebut diakhiri secara simbolis oleh Wakil Bupati Sragen, Suroto. Kemudian dilanjutkan dengan doa bersama di samping Umbul Dungo, yang dipimpin oleh warga setempat.

Tak sampai lima menit seusai doa bersama, gunungan tersebut habis jadi rebutan warga, dari anak-anak hingga tua. Para warga yang mendapat hasil pertanian dari gunungan tersebut terlihat semingrah dan memamerkan hasil yang berhasil mereka peroleh.

Setelah kirab gunungan dan pembentangan bendera tersebut, terdapat sajian dan penampilan para pelaku seni di wilayah Kecamatan Plupuh. Berbagai macam tarian juga ikut memeriahkan Bahulak Ambal Warsa tersebut.

Baca Juga: Pasar Bahulak Sragen Didorong Jadi Pilot Project Pengembangan Desa Wisata

Kepala Desa Karungan, Joko Sunarso, mengatakan kirab peringatan ulang tahun Pasar Bahulak Sragen tersebut diikuti berbagai elemen dari perangkat desa, lembaga desa, ketua RT setempat, anak-anak sekolah, dan pemuda setempat.

Ia menambahkan tradisi tersebut sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan karena telah diberi keselamatan dengan hasil tani yang melimpah. Ia berharap Pasar Bahulak bisa tetap hadir di tengah masyarakat sebagai destinasi wisata yang sederhana tapi menarik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya