top ear
Rina Gunawan (Instagram/@rinagunawan74).
  • SOLOPOS.COM
    Rina Gunawan (Instagram/@rinagunawan74).

Diidap Rina Gunawan, Bagaimana Pengaruh Covid-19 ke Asma?

Bagaimana pengaruh Covid-19 ke asma, ikuti ulasannya.
Diterbitkan Rabu, 3/03/2021 - 19:00 WIB
oleh Solopos.com/Astrid Prihatini WD/Newswire
2 menit baca

Solopos.com, SOLO--Asma merupakan salah satu penyakit yang diidap Rina Gunawan sebelum meninggal dunia. Rina Gunawan meninggal dunia setelah sempat terpapar Covid-19 dan dirawat di ICU RS Pertamina Simprug, Jakarta. Menurut sang suami, Teddy Syah, Rina Gunawan memiliki kondisi bawaan berupa asma.

"Karena kebetulan Rina mempunyai penyakit bawaan sinus, ada sesak napas, asma juga. Jadi ketika terserang Covid-19ya cukup berat buat beliau, sampai seminggu terpisahkan (dengan keluarga)," ujar Teddy Syah ditemui seusai pemakaman Rina Gunawan di TPU Tanah Kusir, Rabu (3/3/2021).

Tidak diketahui kapan pastinya Rina Gunawan terpapar Covid-19, beberapa kali pemeriksaan hasilnya berubah-ubah. Hingga akhirnya Rina harus menjalani perawatan di ICU RS Pertamina Simprug, setelah sebelumnya dirawat di RS Premier Bintaro.

Bagaimana pengaruh Covid-19 terhadap asma? Simak ulasannya di info sehat kali ini.

Baca Juga: Karakter Orang Lahir di Bulan Maret, Seperti Apa Ya?

Dikutip dari Insider, asma merupakan kondisi penyempitan dan pembengkakan saluran napas, sehingga dapat menyebabkan sesak napas, batuk, dan mengi.

Ahli paru dari Ohio State University Wexner Medical Center, Megan Conroy, mengatakan bahwa infeksi virus dapat memperburuk asma seseorang. Oleh karena itu, Covid-19  berisiko memperburuk asma.

Meski begitu, hingga kini para dokter belum mengetahui secara pasti apakah semua penderita asma akan mengalami pemburukan ketika terkena Covid-19.Jadi para ahli belum mengetahui bagaimana pengaruh Covid-19 ke asma.

"Kami belum memiliki data populasi yang besar tentang hasil penderita asma yang terinfeksi virus Corona, untuk mengetahui dengan pasti apakah hasilnya lebih buruk," ucap Conroy seperti dikutip dari detikcom, Rabu (3/3/2021).

"Namun, kekhawatirannya adalah bahwa eksaserbasi (serangan) asma dengan penyakit Covid-19 memiliki potensi yang lebih tinggi untuk menyebabkan penyakit kritis," lanjutnya.

Baca Juga: Pasangan Zodiak Ini Tidak Pernah Cocok, Setuju Enggak?

Meski penderita asma berisiko mengalami pemburukan jika terkena Covid-19, namun asma tidak membuat penderitanya menjadi lebih rentan tertular virus Corona.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), secara teoritis, memiliki asma dan Covid-19 secara bersamaan berpotensi menyebabkan penyakit yang parah, termasuk pneumonia, pernapasan akut, atau serangan asma.

Maka dari itu, Conroy menyarankan bagi penderita asma untuk terus meminum obat pengontrol mereka, seperti inhaler kortikosteroid atau inhaler kombinasi sebagaimana yang telah diresepkan oleh dokter untuk mengurangi peradangan paru-paru dan menurunkan risiko memburuknya serangan asma.

"Pastikan Anda menggunakan inhaler dengan benar dan jangan melewatkan dosis," tegas Conroy.


Editor : Profile Astrid Prihatini WD
LIKE di sini untuk lebih banyak informasi terbaru di Solopos.com

berita terpopuler

Iklan Baris

berita terkini


Cek Berita Lainnya