SOLOPOS.COM - Telkom Indonesia courtesy visit ke Universitas Gadjah Mada (UGM). (Istimewa-Telkom Indonesia)

Solopos.com, JAKARTA — PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) terus mendukung upaya peningkatan kualitas daya saing sumber daya manusia (SDM) unggul. Wujud dukungan Telkom dengan meluncurkan program DigiCampus yang melibatkan berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

Awal Maret 2022, Telkom pun telah melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman dengan UNS terkait Kerja Sama Penguatan dan Pengembangan Kelembagaan dan Penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Lalu penandatanganan Nota Kesepahaman tentang Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat dengan Universitas Padjadjaran (Unpad) serta courtesy visit ke Universitas Gadjah Mada (UGM).

Promosi Sistem E-Katalog Terbaru LKPP Meluncur, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

“Sebagai bagian proses transformasi perusahaan, Telkom memiliki tiga fokus bisnis digital yaitu digital connectivity, digital platform, dan digital service. Untuk itu kami siap berkolaborasi dengan berbagai perguruan tinggi melalui program DigiCampus, guna meningkatkan mutu pendidikan dan kualitas perguruan tinggi di Indonesia berstandar global,” kata Direktur Enterprise and Business Service Telkom Edi Witjara, didampingi EVP Divisi Enterprise Service Telkom Teuku Muda Nanta dalam keterangan tertulis, Kamis (10/3/2022).

Baca juga: Leap-Telkom Digital, Siap Wujudkan Kedaulatan Digital Indonesia

Ekspedisi Mudik 2024

DigiCampus- Digital Transformation towards Smart Campus adalah solusi digital yang ditawarkan Telkom Indonesia untuk mendukung perguruan tinggi dalam mewujudkan smart campus. Aktivasi program dilakukan melalui roadshow ke kampus-kampus untuk sosialisasi dan bekerja sama terkait proses digitalisasi kampus.

Telkom telah menyiapkan beberapa sistem seperti Smart System untuk mendukung operasional kampus meliputi penerapan sistem e-parking, smart library, dan smart card. Aplikasi Smart Learning untuk mendukung pembelajaran secara langsung seperti blended learning, smart classroom, dan e-akademik.

Sistem lainnya, yakni Smart Building merupakan solusi berbasis ICT yang mengintegrasikan telekomunikasi, building automation, system dan office automation. Untuk mengoptimalkan biaya, fungsi dan integrasi meliputi access control, koneksi triple play, WiFi, CCTV, alarm, sound system announcer, dan digital signage.

“Terima kasih atas dukungan Telkom kepada UGM selama ini untuk mewujudkan visi kami sebagai perguruan tinggi nasional berkelas dunia. Yang inovatif dan unggul, mengabdi kepada kepentingan bangsa dan kemanusiaan, yang dijiwai nilai-nilai budaya bangsa berdasarkan Pancasila,” kata Rektor UGM Prof. Panut Mulyono.

Baca juga: 14 Perguruan Tinggi Terbaik Dunia dari Indonesia, Salah Satunya UNS

Hal senada disampaikan juga oleh Rektor UNS Solo Prof. Jamal Wiwoho. “Kerja sama antara Telkom dan UNS selama ini demi menjadikan UNS sebagai universitas bereputasi internasional. Melalui pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berdaya guna dan berhasil guna,” ujar Prof. Jamal.

Telkom juga telah mengesahkan kerja sama pelaksanaan program kerja di bidang penelitian, pendidikan, pengabdian masyarakat, dan optimalisasi sumber daya serta infrastruktur milik perusahaan dan perguruan tinggi. Termasuk untuk memanfaatkan potensi, sumber daya, riset, pendampingan dalam mewujudkan visi misi universitas. Seperti Unpad menjadi hybrid university, penyediaan program magang mahasiswa melalui Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

“Dukungan Telkom Indonesia kepada Unpad diharapkan dapat mendukung pembangunan ekosistem pendidikan dan pengajaran. Serta penelitian yang akan menghasilkan sumber daya manusia yang kompeten, kompetitif, dan produktif,” ujar Rektor Unpad Prof. Rina Indiastuti.

Baca juga: Inagurasi LEAD by IndiHome, Cara Telkom Siapkan Atlet eSport Terbaik

Ke depannya, Telkom Indonesia berkomitmen terus memperluas kerja sama dengan perguruan tinggi di Indonesia agar mempercepat peningkatan kualitas SDM dalam negeri. Hal ini akan berdampak positif terhadap upaya Indonesia melakukan leapfrog agar sejajar dengan negara-negara maju di dunia.

“Dengan semangat sinergi, Telkom yakin dan berkomitmen untuk terus mendukung kemajuan sektor pendidikan Indonesia. Dengan program DigiCampus berupa penyediaan solusi digital layanan ICT yang terintegrasi,” tutup Edi.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya