SOLOPOS.COM - Habib Muhammad Hasan saat menyampaikan acara Haul Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi digelar secara tertutup. (Youtube)

Solopos.com, SOLO — Peringatan Haul Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi di Kota Solo, Jawa Tengah (Jateng), kembali digelar tahun ini. Meski demikian, acara Haul Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi kali ini hanya diikuti internal keluarga, atau tertutup untuk masyarakat umum.

Haul Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi sebenarnya merupakan agenda rutin tahunan yang digelar di Masjid Riyadh, Pasar Kliwon, Kota Solo. Namun, tahun lalu peringatan Haul Habib Ali tersebut ditiadakan menyusul pandemi Covid-19.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Akan tetapi, tahun ini kasus Covid-19 di Kota Solo mulai menunjukkan penurunan, sehingga agenda rutin tahunan di Kota Solo itu bisa kembali digelar pada 25-26 November nanti.

Baca juga: Haul Habib Ali Kembali Digelar, Polda Jateng Minta Jemaah Tak ke Solo

Meski demikian, guna menghindari terjadinya lonjakan kasus, Haul Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi kali ini akan digelar tertutup, atau tidak diperuntukkan bagi masyarakat umum.

Hal itu disampaikan putra Habib Hasan, Habib Muhammad bin Hasan, melalui kanal Youtube, Masjid Riyadh Solo, Sabtu (13/11/2021).

“Dengan ini menyampaikan bahwa kegiatan Haul Habib Ali Bin Muhammad Al-Habsyi yang jatuh pada tanggal 25-26 November 2021 pada tahun ini dikhususkan untuk internal keluarga saja, dengan mempertimbangkan situasi Pandemi saat ini, untuk memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19,” ucap Habib Muhammad Bin Hasan, dalam kanal Youtube Masjid Riyadh Solo.

Pihaknya pun mengimbau jemaah dari luar Kota Solo agar tidak datang ke lokasi kegiatan. Namun jemaah tidak perlu kecewa karena acara peringatan Haul Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi itu disiarkan secara live melalui kanal Youtube, Masjid Riyadh Solo.

Baca juga: Jl. DI Pandjaitan Solo Ditutup Pekan Depan, Ini Jalur Alternatifnya

“Jemaah dari luar Kota Solo, diimbau dan mohon pengertiannya, agar dapat menyaksikan acara rangkaian Haul Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi melalui live streaming Youtube Masjid Riyadh Solo,” pungkasnya.

Seperti diketahui, agenda rutin tahunan itu jatuh pada tanggal 25-26 November 2021 mendatang di Masjid Riyadh, Pasar Kliwon, Solo. Haul Habib Ali bin Muhammad Al Habsyi di Kota Solo merupakan salah satu acara haul terbesar di Indonesia. Pada tahun-tahun sebelum pandemi, puluhan ribu umat Islam dari Indonesia dan luar negeri rutin mengikuti acara tersebut.

Sementara itu Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi melalui Kabid Humas Kombes Pol M Iqbal Alqudusy mengapresiasi keputusan pihak keluarga yang menggelar Haul Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi itu secara tertutup.

“Saat ini penularan Covid-19 belum berakhir, diimbau agar dapat mengikuti haul dari rumah melalui saluran youtube Masjid Riyadh Solo,” ucap Iqbal, dalam keterangan tertulis yang diterima Solopos.com, Sabtu sore.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya