SOLOPOS.COM - Penari tampil mengisahkan kelahiran Parikesit dalam Solo Menari 2022 di lobi utama Solo Square Mall, Laweyan, Solo, Jumat (29/4/2022). (Solopos/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO — Puluhan warga menyaksikan pentas Solo Menari 2022 di lobi utama Solo Square Mall, Laweyan, Solo, Jumat (29/4/2022). Pemerintah Kota (Pemkot) Solo mengaku tidak melakukan promosi secara besar-besaran untuk event tersebut sebab masih situasi pandemi Covid-19.

Berdasarkan pantauan Solopos.com, pukul 08.30 WIB, pentas tari di Solo Square Mall mengisahkan kelahiran Parikesit namun terancam hidupnya oleh Aswatama dan Kartamarma. Kudeta Aswatama dan Kartamarma dapat dihentikan berkat berkat kesigapan para kerabat.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Filosofi dari pentas tersebut adalah kebaikan dan kejahatan akan selalu hidup berdampingan walaupun kejahatan akan musnah oleh kebaikan. Turut hadir dalam pembukaan acara itu Wakil Wali Kota Solo, Teguh Prakosa.

Solo Menari 2022 digelar di lima lokasi, yaitu Lobi Solo Square Mall pukul 08.30 WIB, Loji Gandrung 10.00 WIB, area Pasar Ngarsapura 14.15 WIB, area parkir McDonald’s Slamet Riyadi 15.30 WIB.

Ekspedisi Mudik 2024

Sementara halaman Balai Kota Solo menjadi lokasi terakhir pada pukul 16.30 WIB. Setiap tempat mengangkat kisah banjaran Parikesit. Penonton juga bisa menyaksikan pentas secara virtual melalui kanal Youtube Disbudpar Surakarta , Pariwisata Solo, dan Gibran TV.

Baca Juga: Wah, Bhre MN X & Pangeran Purboyo Ikut Meriahkan Solo Menari 2022 Besok

Salah satu warga, Yustina Novarita, 55, datang mengantarkan putrinya, Yohana Fransisca Jamilla Putri Rizar, yang masih Kelas VIII pentas. Sebelumnya Milla melakukan persiapan kurang dari sebulan bersama Sanggar Semarak Candrakirana. “Luar bisa, saya bangga budaya Indonesia masih dijaga, pokoknya bangga,” katanya seusai menonton pentas.

Keterlibatan Anak Muda

Warga Kelurahan Mojosongo, Kecamatan Jebres, Solo, tersebut berharap Solo Menari berikutnya semakin berkembang dan mampu mengundang banyak sponsor. Seni tari merupakan aset negara yang patut dilestarikan.

Salah satu penari, Galuh Widyaningtyas, 17, mengatakan pentas Solo Menari 2022 lebih meriah dibandingkan tahun sebelumnya yang dilakukan di masing-masing kelurahan. Ia bisa terlibat langsung tahun ini sementara tahun lalu tidak.

Baca Juga: Wow! 1.120 Seniman Bakal Ramaikan Solo Menari 24 Jam, Catat Tanggalnya

“Bagus banget anak-anak muda ikut melestarikan melalui event ini. Harapannya bisa sukses lagi untuk tahun ke depan dan ada tarian massal kembali,” paparnya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Solo Aryo Widyandoko mengatakan lokasi Solo Menari 2022 dipilih yang terbuka dan mudah diakses masyarakat namun tidak sampai menutup jalan. Pemkot Solo tidak promosi event secara berlebihan sebab masih dalam situasi Covid-19.

“Di Balai Kota Solo nanti ada Gusti Bhre [Mangkunagoro X] dan Pangeran Purboyo [Putra Mahkota Keraton Solo KGPH Purboyo], Pak Sandi [Menparekraf Sandiaga Uno], dan Mas Wali [Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka]. Sebanarnya eman-eman sih tapi kami enggak berani promosi kuat. Event-nya bagus banget,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya