SOLOPOS.COM - Proses evakuasi jenazah pendaki asal Madiun, Jawa Timur yang meninggal di puncak Gunung Lawu pada Senin (30/1/2023). (Istimewa BPBD Karanganyar)

Solopos.com, KARANGANYAR — Jenazah pendaki asal Rejomulyo, Kecamatan Kartoharjo, Madiun, Jawa Timur, Gati Ambarwati, 32, yang meninggal di puncak Gunung Lawu berhasil dievakuasi pada Senin (30/1/2023) sore.

Pendaki tersebut diduga kuat meninggal dunia karena terjatuh. Selanjutnya jenazah langsung dibawa ke rumah duka di Madiun.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kapolsek Tawangmangu, AKP Sutarno, mengungkapkan dari hasil visum luar tidak ditemukan tanda-tanda penganiayaan. Pendaki tersebut diduga terjatuh saat melakukan pendakian di Gunung Lawu. Hal ini terlihat dari posisi ditemukan pendaki tersebut.

“Korban ditemukan di jurang di luar jalur pendakian. Jadi kuat dugaan terjatuh,” kata dia kepada Solopos.com, Senin sore.

Jenazah langsung diserahkan ke pihak keluarga untuk dibawa ke rumah duka dan dimakamkan. Pihak keluarga menerima kematian pendaki tersebut. Hingga kini belum diketahui secara jelas pendaki melakukan pendakian melalui jalur mana. Namun beredar kabar pendaki tersebut mendaki melalui pos Cemoro Sewu, Magetan, Jawa Timur.

“Korban tidak teregistrasi. Tapi informasinya melalui pos Cemoro Sewu,” kata dia.

Sebelum ditemukan meninggal dunia, korban sempat berada di Puncak Hargo Dumilah [Minggu, 29/1/2023] sekitar pukul 11.15 WIB. Hal itu terlihat dari foto pendaki asal Yogyakarta. Pendaki asal Yogyakarta tersebut juga sempat berbincang dengan korban sebelum ditemukan meninggal dunia.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar, Bagoes Darmadi, mengatakan proses evakuasi memakan waktu lama karena jenazah berada di puncak Gunung Lawu. Selain itu sempat terhenti karena faktor cuaca. Evakuasi baru dilanjutkan lagi pada Senin pagi.

“Sudah berhasil dibawa turun ke pos Cemoro Kandang sekitar pukul 15.40 WIB,” katanya.

Selama proses evakuasi, pihak keluarga korban telah berada di Basecamp Cemoro Kandang. Diketahui pendaki tersebut dilaporkan meninggal di puncak Gunung Lawu pada Minggu siang. Jasad pendaki tersebut ditemukan di jalur pendakian tepatnya di Gegerboyo.

Jasad korban ditemukan sekitar pukul 12.55 WIB oleh Agus, seorang pedagang di Hargo Dalem puncak Lawu. Saat itu Agus tengah berjalan-jalan di sekitar lokasi dan mendapati korban yang tergelak di Puncak Lawu Gegerboyo.

Agus lantas mendekati korban, dan setelah dicek sudah dalam kondisi meninggal dunia. Saksi kemudian melaporkan temuan tersebut ke pos Cemoro Kandang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya