Diet dengan Minum Air Putih, Aman Bagi Kesehatan?

Tidak sedikit orang melakukan diet dengan cara minum air putih, namun apakah itu aman bagi kesehatan?
Diet dengan Minum Air Putih, Aman Bagi Kesehatan?
SOLOPOS.COM - Ilustrasi minum air. (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Memperbanyak air putih menjadi salah sah satu cara untuk diet atau menurunkan berat badan. Tidak sedikit yang melakukan cara yang simpel dan irit ini untuk menurunkan berat badan. Lantas amankah diet dengan air putih bagi kesehatan tubuh?

Dikutip dari Suara, Rabu (1/12/2021), mengkonsumsi air putih mempunyai banyak manfaat bagi tubuh terlebih untuk menurunkan berat badan. Sebuah jurnal penelitian Obesity pada 2011 menunjukkan meminum air putih sambil diet hipokalori dapat mengurangi tingkat kelebihan berat badan dan obesitas pada orang dewasa.

Baca Juga: Kisah Unik Pasutri Keliling Dunia Pakai Sepeda Motor

Meminum air putih diyakini dapat mengurangi berat badan dengan beberapa cara seperti berikut:

1. Minum air putih 10-15 menit sebelum makan. Cara itu dapat membuat kenyang dan juga mengurangi rasa lapar seseorang. Hal itu yang kemudian membuat seseorang mengurangi porsi makan akibat rasa kenyang setelah meminum air putih.

2. Berlatih diet air putih selama 1 hingga 3 hari

3. Mengurangi olahraga berat yang membuat tubuh letih saat diet air putih

4. Menghindari mengoperasikan alat berat atau mengemudi mobil

5. Mulai makan dengan porsi sedikit setelah selesai diet dengan air putih

Setelah menjalankan beberapa tahapan di atas, diet dengan air putih aman bagi kesehatan?

Diet dengan air putih akan aman bagi kesehatan dengan mengikuti tahapan-tahapan yang benar. Diet ini juga sebaiknya tidak dilakukan sendiri dan berkonsultasi ke ahli gizi.

Baca Juga: Viral! Pria Ini Curi Kutang di Jemuran, Dicium Dulu Baru Diambil

Dikutip dari Hellosehat, waktu ideal diet dengan air putih yakni 1 hari hingga 3 hari. Apabila melakukan diet ini lebih dari itu, maka akan timbul masalah kesehatan.

Air putih tidak memiliki nutrisi esensial yang dibutuhkan bagi tubuh seperti protein, lemak, dan vitamin. Belum lagi, saat Anda menjalankan diet ini tidak diperkenankan minum minuman lain seperti kopi, teh, dan susu. Hal itu yang dapat membuat tubuh menjadi lemas.

Orang yang kali pertama melakukan diet ini berkurang konstentrasinya, mudah emosi, hingga dapat migarin. Tak hanya itu, orang hanya mengandalkan air putih tanpa mengkonsumsi makanan lain atau membiarkan perut kosong dapat menyebabkan asam lambung naik yang memicu penyakit maag.

Diet Dengan Air Putih Yang Benar

Sebelum melakukan diet ini, Anda dianjurkan mengonsumsi makanan yang banyak zat bergizi untuk menunjang diet pada tiga hari mendatang. Selanjutnya minum minuman yang kaya nutrisi seperti jus buah yang menyenyangkan pada awal diet.

Baca Juga: Kisah Wanita 74 Tahun Menikah dengan Sapi, Ternyata Ini Alasannya

Dianjurkan menghindari olahraga berat selama diet dengan air putih agar tidak dehidrasi yang membuat tubuh membutuhkan banyak air. Sementara minum air putih terlalu banyak juga dapat berbahaya untuk kesehatan. Segera mungkin mengehentikan diet ini saat jatuh sakit dan tubuh melemah agar tidak berakibat fatal.


Berita Terkait
    Promo & Events
    Honda Motor Jateng
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago