SOLOPOS.COM - Peserta mengikuti jalan sehat yang diselenggarakan dalam rangka Dies Natalis Ke-38 Universitas Terbuka (UT) Surakarta di CFD Jl Slamet Riyadi, Solo, Minggu (19/6/2022). (Solopos/Siti Nur Azizah)

Solopos.com, SOLOUniversitas Terbuka (UT) Solo menggelar Jalan Santai Sehat dalam rangka Dies Natalis UT ke-38, Minggu (19/6/2022). Acara yang berlangsung di area CFD Jl Slamet Riyadi, Solo, itu diikuti 120 mahasiswa dan civitas akademika lainnya.

Peserta jalan santai diiringi drumben menyusuri sepanjang Jl Slamet Riyadi dan diakhiri pengundian kupon berhadiah di halaman Kantor Bank BTN KC Solo. Direktur UT Solo, Yulia Budiwati, mengatakan pada 2022, UT sudah mendapat izin peningkatan status dari PTN-BLU menjadi PTN-BH.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dengan demikian, UT dapat mengakomodasi secara mandiri kebutuhan masyarakat akan pendidikan tinggi. “Alhamdulillah kami sudah dapat izin insyaallah tahun ini Universitas Terbuka menjadi Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum. Artinya otonomi UT akan semakin besar dalam mengelola akademik maupun dukungan akademik,” paparnya kepada Solopos.com di sela acara.

Yulia menuturkan persiapan Dies Natalis Universitas Terbuka Solo tahun ini sudah dipersiapkan sejak Mei hingga puncaknya pada September 2022. Kegiatan dimulai dari acara jalan sehat hingga seminar pada Agustus yang digelar dengan guru-guru penggerak yang merupakan alumni UT.

“Jadi kami mulai dari jalan sehat ini, kemudian pekan depan ada penebaran benih ikan nila di Waduk Cengklik. Kemudian bulan Juli sampai Agustus ada seminar,” ucapnya.

Baca Juga: Universitas Terbuka Surakarta Siap Capai Target 10.000 Mahasiswa

Seminar diawali pada Juli dengan alumni UT yang menjadi guru penggerak. “Alhamdulillah mereka banyak juga yang menjadi kepala sekolah. Alhamdulillah sekali mereka yang sudah S2,” ujarnya.

Ketoprak Di Wonogiri

Selain jalan santai, tebar benih, dan seminar, kata Yulia, Dies Natalis ke-38 Universitas Terbuka Solo juga akan dimeriahkan acara hiburan seni ketoprak di Kabupaten Wonogiri.

“[Ketoprak] nanti kami kerja sama dengan Kampung Riwil Bakar Production. Kami selenggarakan di Wonogiri, karena saya dengar animo masyarakat Wonogiri terhadap kebudayaan daerah itu sangat tinggi. Kami menyelenggarakannya di alun-alun, mudah-mudahan banyak yang hadir sehingga UT akan semakin dikenal di Wonogiri. Terutama di daerah pinggir ya,” ungkapnya.

Baca Juga: UT Surakarta untuk Semua Kalangan, Bisa Kuliah Sambil Kerja

Yulia menambahkan bukan hanya hiburan seni ketoprak, tetapi akan ada juga senam massal bekerja sama dengan Solopos Media Group yang diadakan di Kota Solo dan Grobogan. “Memang kami ambil dua wilayah ini ya Grobogan dan Wonogiri karena jangkauannya agak jauh dari UT Kota Solo. Kami adakan satu momen yang besar, sehingga bisa dihadiri banyak masyarakat sekalian,” paparnya.

Yulia mengungkapkan permintaan dari masyarakat tentang program studi baru di Universitas Terbuka Solo. Hal itu akan menjadi bahan pertimbangan untuk dibukanya prodi baru agar menarik minat mahasiswa untuk melanjutkan magister di UT.

“Yang banyak ditunggu itu Magister PAUD dan Hukum. Kami sedang mengumpulkan informasi dari masyarakat apa saja prodi yang memang sangat diminati itu nanti yang akan kami usulkan,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya