SOLOPOS.COM - Peresmian Taman Plaza Inovasi IPB. (Istimewa)

Solopos.com, BOGOR — Institut Pertanian Bogor (IPB) kini memiliki Taman Plaza Inovasi seluas 11 hektare. Taman ini hasil dukungan dari Sinar Mas melalui pilar usahanya, PT Berau Coal.

Pembangunan ini untuk mendukung kampus yang asri sekaligus ramah lingkungan sebagai muara ide serta inovasi yang memberdayakan masyarakat.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Kami mengharapkan kehadiran taman ini dapat membantu niatan IPB mewujudkan kampus hijau. Menjadikannya sebuah ekosistem yang menginspirasi sivitas akademika Institut Pertanian Bogor guna memunculkan terobosan baru di ranah sosial, perekonomian, utamanya pangan, pertanian serta kehutanan yang memberdayakan, juga menyejahterakan masyarakat, ramah lingkungan dan berkelanjutan, sekaligus menjaga kearifan lokal,” ucap Managing Director Sinar Mas, Saleh Husin dalam peresmian Taman Plaza Inovasi IPB Bogor Dramaga.

Turut hadir dalam peresmian, Rektor IPB Arif Satria beserta jajaran sivitas akademika lainnya, Kepala Biro pada Biro Umum, Sekretariat Jenderal Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Samidi, bersama perwakilan manajemen juga komisaris PT Berau Coal dan Asia Pulp and Paper Sinar Mas.

Taman ini merupakan bagian dari pengembangan green campus oleh IPB yang telah berlangsung sedari tahun 2015 dengan tujuan mewadahi pembentukan perilaku berwawasan lingkungan dari seluruh sivitas akademika di dalam lingkungan zero waste, zero emission, rich in bio-and cultural-diversity.

“Industri yang berkelanjutan dan ramah lingkungan adalah kepentingan seluruh pihak, termasuk pula kami yang bergerak dalam pengelolaan sumber daya alam. Dukungan pembangunan taman kampus di IPB adalah salah satu bentuknya,” ujar Direktur PT Berau Coal, Sandy Indrawan.

Lewat program tanggung jawab sosialnya, Berau Coal mendonasikan dana sebesar Rp4,2 miliar bagi berdirinya Taman Plaza Inovasi IPB.

Taman Plaza Inovasi IPB, berkonsepkan bentang ekologis dengan tema modern tropis, di mana pilihan ragam tanaman hingga penggunaan material pembangunan menyesuaikan dengan iklim tropis.

Sebelumnya, dukungan mewujudkan kampus hijau telah diwujudkan Sinar Mas lewat penyerahan lima unit bus berbahan bakar gas guna memperkuat fasilitas transportasi ramah lingkungan pada 2017 silam.

Ketika itu turut diserahkan pula tujuh unit verification gate system, yakni perangkat gerbang otomatis berisikan data kendaraan bermotor seluruh sivitas akademika yang telah terdaftar, untuk membatasi pemakaian kendaraan pribadi di lingkungan Kampus IPB Dramaga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya