SOLOPOS.COM - Zannuba Ariffah Chafsoh alias Yenny Wahid. (Twitter @yennywahid)

Solopos.com, SOLO – Politikus sekaligus aktivis Nahdlatul Ulama, Zannuba Ariffah Chafsoh alias Yenny Wahid, menanggapi pengumuman dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang mendukung pasangan Ganjar Pranowo-Yenny Wahid sebagai capres dan cawapres dalam Pemilu 2024.

Yenny menanggapi dengan rendah hati dan menyebut dirinya hanya sebagai pembantu sedangkan aktor utamanya adalah Ganjar Pranowo. Hal ini diungkapkan Yenny seusai acara program sekolah damai di SMAN 4 Solo, Senin (24/10/2022).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Yenny menghargai keputusan PSI yang mendukung pasangan capres-cawapres, Ganjar Pranowo-Yenny Wahid. Meski demikian, dirinya tak ingin menanggapi keputusan itu terlalu jauh. “Kalau Mas Ganjar [Ganjar Pranowo] itu aktor utamanya. Kalau saya cuma batur [pembantu], ibaratnya seperti itu,” katanya.

Yenny mengaku kerap berkomunikasi dan berdiskusi dengan elite partai politik menjelang bergulirnya pesta demokrasi terbesar di Indonesia pada 2024. Namun, diskusi dan dialog yang dibahas sebatas mencari solusi permasalahan dan tantangan berat yang dihadapi bangsa Indonesia pada masa mendatang.

Yenny Wahid meyakini proses komunikasi dan lobi politik terus berjalan hingga masa pendaftaran bakal capres dan cawapres dibuka oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). “Saya bertemu dan berkomunikasi dengan semua partai politik. Apalagi saya di Jakarta, sering bertemu dengan ketua dan pengurus partai,” ujarnya.

Baca Juga: Dihadiri Yenny Wahid, Program Sekolah Damai Dideklarasikan di SMAN 4 Solo

Putri sulung almarhum Abdurrahman Wahid atau Gus Dur itu menyampaikan munculnya figur-figur dalam bursa capres-cawapres merupakan bagian dari dinamika politik yang berkembang menjelang pemilu. Dinamika politik bisa berubah setiap saat.

Apalagi, sejumlah parpol telah mengumumkan secara resmi capres dan cawapres yang diusung dalam Pilpres 2024. Disinggung ihwal Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, yang masuk bursa Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Tengah, Yenny menyampaikan Gibran memiliki kualitas dan integritas sebagai pemimpin.

Hal ini dibuktikan saat Gibran menjalankan roda pemerintahan di Kota Solo dan memprioritaskan pelayanan terhadap masyarakat. “Wawasan dan kapasitas beliau bisa memimpin di luar Solo. Kalau sudah memiliki rencana, beliau memiliki kapasitas sebagai pemimpin,” katanya.

Baca Juga: Panggil Ganjar Pranowo, DPP PDIP Disebut Sedang Ingin Mengendalikan Situasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya