SOLOPOS.COM - Ilustrasi bayi. (Freepik.com)

Solopos.com, JOGJA — Kasus hepatitis akut atau hepatitis misterius diduga telah masuk ke wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Penyakit ini diduga telah menyerang seorang bayi berusia satu tahun tiga bulan asal Provinsi Jawa Tengah (Jateng).

Kepala Dinas Kesehatan DIY, Pembajun Setyaningastutie, mengatakan jawatannya telah melakukan survei bersama tim Kementerian Kesehatan (Kemenkes) terkait adanya bayi yang terjangkit hepatitis akut di wilayahnya. Meski demikian, hingga Rabu (25/5/2022) pagi, pihak Kemenkes belum bisa memastikan sakit yang diderita anak tersebut termasuk hepatitis akut atau bukan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Laporan itu didapatkan dari pusat. Sampai dengan tadi pagi kami sudah survei dengan tim ahli pusat. Kasus di Jogja masih harus ada penelitian lagi. Jadi belum disimpulkan sebagai hepatitis akut,” katanya, Rabu.

Temuan dugaan hepatitis akut itu berawal dari adanya salah satu pasien anak perempuan yang memiliki gejala hepatitis. Pasien dari Jawa Tengah (Jateng) itu dirawat di salah satu rumah sakit di Sleman.

“Jenis kelamin perempuan. Alamatnya dari luar DIY, kebetulan dirawatnya di Sleman. Tetapi kami enggak bisa bilang bahwa itu hepatitis akut karena memang tim ahli dari pusat belum mengatakan itu. Beliau sendiri yang mengatakan enggak bisa [dikatakan hepatitis akut] yang di Jogja masih harus ada penambahan penelitian lagi,” kata Pembajun.

Baca juga: IDAI Jateng Lacak Penularan Hepatitis Akut, 420 Dokter Dikerahkan

Adapun untuk kepastian tersebut harus melalui cek laboratorium. Sampai saat ini kondisi pasien masih dalam pemantauan tim ahli dari Kemenkes. Sebagaimana disampaikan Kemenkes, satu kasus hepatitis akut dari DIY dengan status pending klasifikasi. Artinya pasien tersebut memiliki gejala hepatitis akut misterius, namun hasil serologi jenis virus hepatitis, baik hepatitis A, B, C, D dan E belum semua didapatkan.

“Maksudnya cek laboratorium. Secara medisnya tidak terlihat [itu Hepatitis akut]. Kondisi [pasien] sampai hari ini masih dalam pemantauan tenaga ahli. Daerah asal pasien Jawa Tengah,” kata Pembajun.

Artikel ini sudah tayang di Harianjogja.com dengan judul: Terdeteksi di DIY, Bayi 1 Tahun Diduga Kasus Hepatitis Akut

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya