Diduga Terjangkit Hepatitis Akut, Bayi asal Jateng Dirawat di DIY

Bayi berusia satu tahun tiga bulan asal Jawa Tengah (Jateng) diduga terjangkit hepatitis akut dan telah dirawat di sebuah rumah sakit di Sleman, DIY.
SHARE
Diduga Terjangkit Hepatitis Akut, Bayi asal Jateng Dirawat di DIY
SOLOPOS.COM - Ilustrasi bayi. (Freepik.com)

Solopos.com, JOGJA — Kasus hepatitis akut atau hepatitis misterius diduga telah masuk ke wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Penyakit ini diduga telah menyerang seorang bayi berusia satu tahun tiga bulan asal Provinsi Jawa Tengah (Jateng).

Kepala Dinas Kesehatan DIY, Pembajun Setyaningastutie, mengatakan jawatannya telah melakukan survei bersama tim Kementerian Kesehatan (Kemenkes) terkait adanya bayi yang terjangkit hepatitis akut di wilayahnya. Meski demikian, hingga Rabu (25/5/2022) pagi, pihak Kemenkes belum bisa memastikan sakit yang diderita anak tersebut termasuk hepatitis akut atau bukan.

PromosiHari Keluarga Nasional: Kudu Tepat, Ortu Jangan Pelit Gadget ke Anak!

“Laporan itu didapatkan dari pusat. Sampai dengan tadi pagi kami sudah survei dengan tim ahli pusat. Kasus di Jogja masih harus ada penelitian lagi. Jadi belum disimpulkan sebagai hepatitis akut,” katanya, Rabu.

Surat untuk Bunda Selvi Gibran

Temuan dugaan hepatitis akut itu berawal dari adanya salah satu pasien anak perempuan yang memiliki gejala hepatitis. Pasien dari Jawa Tengah (Jateng) itu dirawat di salah satu rumah sakit di Sleman.

“Jenis kelamin perempuan. Alamatnya dari luar DIY, kebetulan dirawatnya di Sleman. Tetapi kami enggak bisa bilang bahwa itu hepatitis akut karena memang tim ahli dari pusat belum mengatakan itu. Beliau sendiri yang mengatakan enggak bisa [dikatakan hepatitis akut] yang di Jogja masih harus ada penambahan penelitian lagi,” kata Pembajun.

Baca juga: IDAI Jateng Lacak Penularan Hepatitis Akut, 420 Dokter Dikerahkan

Adapun untuk kepastian tersebut harus melalui cek laboratorium. Sampai saat ini kondisi pasien masih dalam pemantauan tim ahli dari Kemenkes. Sebagaimana disampaikan Kemenkes, satu kasus hepatitis akut dari DIY dengan status pending klasifikasi. Artinya pasien tersebut memiliki gejala hepatitis akut misterius, namun hasil serologi jenis virus hepatitis, baik hepatitis A, B, C, D dan E belum semua didapatkan.

“Maksudnya cek laboratorium. Secara medisnya tidak terlihat [itu Hepatitis akut]. Kondisi [pasien] sampai hari ini masih dalam pemantauan tenaga ahli. Daerah asal pasien Jawa Tengah,” kata Pembajun.

Artikel ini sudah tayang di Harianjogja.com dengan judul: Terdeteksi di DIY, Bayi 1 Tahun Diduga Kasus Hepatitis Akut

 



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago