SOLOPOS.COM - Ilustrasi orang tenggelam. (Freepik)

Solopos.com, PASAMAN BARAT — Empat pengunjung pada dua objek wisata di Kabupaten Pasaman Barat, Sumatra Barat (Sumbar) ditemukan meninggal dunia pada hari kedua Lebaran, Selasa (3/5/2022). Mereka meninggal diduga karena tidak bisa berenang sehingga hanyut dan tenggelam.

Ketua Markas Palang Merah Indonesia (PMI) Pasaman Barat Rida Warsa, di Simpang Empat, Rabu (4/5/2022) pagi, mengatakan keempat pengunjung itu ditemukan sudah meninggal dunia pada Selasa sore.

Promosi Presiden Jokowi Groundbreaking BRI International Microfinance Center di IKN

“Selasa malam keempat korban sudah berada di rumah duka,” katanya lagi seperti dilansir Antaranews.

Ia mengatakan tiga orang korban itu ditemukan di objek wisata Pantai Sikabau Nagari Parit, Kecamatan Koto Balingka adalah pria inisial F,42, seorang mahasiswa inisial TY,28, dan seorang petani A,52.

Sementara itu satu orang pelajar ditemukan meninggal dunia di objek wisata Ujung Gading, Kecamatan Lembah Melintang inisial RH,16.

Baca Juga: 2 Anak dan Remaja Tenggelam di Sungai Serayu Wilayah Banjarnegara

Dia menjelaskan keempat pengunjung diduga pergi liburan ke dua lokasi objek wisata itu pada Selasa siang.

Diduga saat itu pengunjung ramai-ramai mandi hingga korban hanyut atau tenggelam. Mereka kemungkinan kram atau korban tidak bisa berenang.

Upaya pencarian dilakukan oleh tim gabungan Polri, TNI, Basarnas Pos Pasaman, BPBD, kelompok sadar wisata dan pemerintahan nagari.

Korban ditemukan pada Selasa sore atau empat jam setelah korban diketahui hilang.

Baca Juga: Dua Bulan Ini, 4 Bocah Ditemukan Meninggal Tenggelam di Sungai Tuntang

PMI berharap agar setiap kelompok atau panitia yg mengadakan kegiatan wisata khususnya wisata air yang termasuk berisiko, agar dibentuk semacam tim keselamatan dari pemuda atau kelompok sadar wisata (pokdarwis) setempat.

“Kami dari PMI bersedia memberikan ilmu pertolongan pertama dan dari Basarnas ilmu water rescue siap untuk melatih mereka secara gratis,” katanya.

Apalagi, katanya, saat ini Pasaman Barat banyak objek wisata berbasis air seperti pantai, air terjun, bendungan bahkan waterboom.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya