SOLOPOS.COM - Kampung Alam Malon merupakan salah satu kampung wisata atau kampung tematik di Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang. (gunungpati.semarangkota.go.id)

Solopos.com, SEMARANG — Kecamatan Gunungpati di Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng) memiliki berbagai kisah sejarah yang berkaitan dengan Kerajaan Mataram. Tak hanya itu, Gunungpati ternyata juga menjadi kecamatan dengan wilayah paling luas atau terluas di Kota Semarang.

Kecamatan Gunungpati Kota Semarang merupakan kecamatan tempat berdirinya kampus terkenal Universitas Negeri Semarang (Unnes). Sejarah menuliskan, pendiri wilayah yang sebagian besar berada di perbukitan ini adalah Adipati Wasis Joyokusumo. Kata Gunungpati sendiri diambil dari kata Pati, daerah asal tokoh yang pernah memberontak terhadap Mataram ini.

Promosi Program Pemberdayaan BRI Bikin Peternakan Ayam di Surabaya Ini Berkembang

Adipati Wasis Joyokusumo atau Kiai Pati ini merupakan putra Bupati Pati Ki Ageng Panjawi. Bukti keberadaan tokoh yang juga memiliki julukan Pragolapati 1 ini hingga kini masih bisa disaksikan dalam bentuk makamnya yang terletak di Kelurahan Plalangan, tidak jauh dari Pasar Gunungpati atau sekitar 7 km dari Kampus Unnes.

Selain itu, Gunungpati rupanya juga tercatat sebagai kecamatan terluas di Kota Semarang. Dikutip dari buku Kota Semarang Dalam Angka 2022 yang diterbitkan Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Semarang, Kecamatan Gunungpati memiliki luas wilayah sekitar 58,27 km persegi, atau sekitar 15,59% dari total wilayah Kota Semarang yang mencapai 373,38 km persegi.

Selain itu, Gunungpati juga tercatat sebagai kecamatan tertinggi kedua di Kota Semarang. Tinggi wilayah di Gunungpati mencapai 300 meter di atas permukaan laut (mdpl), atau menempati urutan kedua sebagai wilayah dengan dataran tertinggi di Kota Semarang, di bawah Mijen dengan tinggi wilayah mencapai 311 mdpl.

Baca juga: Mengenal Gunungpati, Kecamatan di Semarang yang Didirikan Tokoh asal Pati

Sementara itu, Mijen juga tercatat sebagai salah satu kecamatan terluas di Kota Semarang. Kecamatan yang berbatasan langsung dengan wilayah Boja, Kendal, ini menempati urutan kedua sebagai kecamatan terluas di Kota Semarang dengan luas wilayah mencapai 56,52 km persegi.

Dikutip dari laman kecgunungpati.semarangkota.go.id, Gunungpati terletak di bagian selatan Kota Semarang. Di sisi utara, kecamatan ini berbatasan dengan Kecamatan Gajahmungkur dan Ngaliyan.

Sementara di sisi selatan, Gunungpati berbatasan dengan Kabupaten Semarang. Sedangkan di sebelah timur, Gunungpati berbatasan dengan Kabupaten Semarang dan Kecamatan Banyumanik. Untuk sebelah barat, Kecamatan Gunungpati berbatasan dengan Mijen dan Kabupaten Kendal.

Baca juga: Kecamatan Tersepi di Semarang Punya Kawasan Industri

Gunungpati yang menjadi kecamatan terluas di Kota Semarang ini terbagi dalam 16 kelurahan, 97 rukun warga, dan 501 rukun tetangga. Jumlah penduduknya mencapai 98.343 jiwa, atau sekitar 5,03% dari total penduduk di Kota Semarang.

Dengan jumlah penduduk sebanyak itu, Gunungpati pun menjadi kecamatan terlenggang atau tersepi ketiga di Kota Semarang, yakni dengan tingkat kepadatan penduduk mencapai 1.682 jiwa per km persegi. Sementara kecamatan tersepi di Kota Semarang ditempati Tugu dengan tingkat kepadatan mencapai 1.171 jiwa per km persegi dan Mijen yang menempati urutan kedua dengan tingkat kepadatan penduduk sekitar 1.474 jiwa per km persegi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya