SOLOPOS.COM - Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Kuncoro Diharjo (kiri) mendengarkan aspirasi mahasiswa dslam aksi menuntut penjelasan kampus mengenai UKT dan SPI, Senin (20/7/2020) di bulevar UNS. (Solopos/Akhmad Ludiyanto)

Solopos.com, SOLO – Mahasiswa UNS Solo menggelar aksi demo, salah satunya menuntut kejelasan potongan UKT akibat wabah Covid-19, Senin (20/7/2020). Aksi bertajuk Pagelaran Universitas Nggawe Susah itu digelar Senin siang di bulevar kampus.

Seratusan mahasiswa UNS Solo meminta berdialog dengan Rektor Jamal Wiwoho. Namun, mereka hanya ditemui Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumnin Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Kuncoro Diharjo.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Dalam dialog yang digelar Senin sore, Kuncoro mengatakan potongan uang kuliah tunggal diberikan melalui mekanisme pengajuan yang dilakukan mahasiwa.

Mahasiswa UNS Solo Demo, Gelar Aksi Segel Kampus, Ini Tuntutannya

Ekspedisi Mudik 2024

“Yang mengajukan keringanan, nanti ada verifikatur. Kami berusaha sebaik-baiknya dan seadil-adilnya [untuk memberikan UKT itu],” ujar Kuncoro kepada mahasiswa peserta aksi di bulevar UNS.

Kuncoro menambahkan, pihak UNS Solo bakal membebaskan pembayaran UKT bagi mahasiswa yang benar-benar tidak mampu membayar.

“Yang benar-benar tidak mmpu bayar, suruh menghadap saya. Saya yang akan menyelesaikan. Prinsipnya, jangan sampai ada mahasiswa yang keluar karena tidak bisa bayar UKT,” imbuhnya.

Cerita Warga Jogonalan Klaten Temukan Harta Karun Peninggalan China dan Hindu Klasik di Sawah

Demikian pula dengan Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI). Kuncoro mengatakan akan memberikan keringanan hingga pembebasan pembayaran.

“Kalau memang sampai ada yang keberatan bayar SPI bahkan di seleksi mandiri, nanti ketika dia punya KIP, KKS, atau PKH, itu saya minta ajukan permohonan dan kami bebaskan SPI-nya. Prinsipnya, jangan sampai ada mahasiswa yang keluar karena tidak bias bayar kuliah,” ulangnya.

Dia juga berjanji menyampaikan tuntutan lainnya yang diajukan mahasiswa dalam aksi tersebut. Dialog mahasiswa dengan Kuncoro dan pejabat UNS Solo itu berakhir sekitar pukul 18.00 WIB.

Diberitakan sebelumnya, seratusan mahasiswa UNS Solo melakukan aksi demo hingga menyegel kampus. Mereka menuntut 10 hal dari kampus, salah satunya potongan UKT bagi mahasiswa UNS Solo yang terdampak pandemi.

Kapan Akhir Pandemi Covid-19 di Indonesia? Ini Prediksi Pakar UGM Jogja

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya