SOLOPOS.COM - Pusat Studi Gandum Tropika (PSGT) Fakultas Pertanian dan Bisnis (FPB) saat melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat. (Istimewa)

Solopos.com, MAGELANG — Pusat Studi Gandum Tropika (PSGT) Fakultas Pertanian dan Bisnis (FPB) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) menggelar kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) bertajuk “Pelatihan Penanganan Pasca Panen dan Pembuatan Produk Olahan Komoditas Pertanian”, Sabtu (19/11/2022).

Bertempat di Desa Sumberejo, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, kegiatan ini diadakan berkolaborasi dengan Tim Pengabdian Masyarakat dosen dan mahasiswa FPB UKSW yang sedang melaksanakan kuliah kerja nyata (KKN).

Sebanyak 21 warga yang terdiri dari perwakilan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), perwakilan perangkat Desa Sumberejo diantaranya Subandi selaku Kepala Desa dan Suwondo selaku Sekretraris Desa Sumberejo mengikuti kegiatan ini.

Penanggung jawab kegiatan Liska Simamora, SP., M.Sc., mengungkapkan kegiatan ini diselenggarakan untuk membantu usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) khususnya usaha kuliner masyarakat Desa Sumberejo yang sedang menuju desa agrowisata.

Baca Juga: Kudapan Bergizi Tinggi Cegah Stunting, Ada Nasi Telur Gulung Daun Kelor

“Dalam kegiatan ini ada pengenalan olahan makanan dari tepung gandum tropika, yaitu nugget sayur dan kue bolen. Diharapkan dengan adanya pelatihan ini dapat menjadi pengisi kuliner yang akan ditawarkan kepada pengunjung kalau Sumberejo menjadi desa agrowisata,” ujarnya.

Selain pelatihan pembuatan olahan makanan dari tepung gandum, tim divisi pemasaran PSGT juga mempromosikan beberapa produk olahan gandum kepada masyarakat seperti tepung Gandum Utuh Lokal (GaUL), kue bawang, kue ketawa, kue bolen dan nuget sayur.

Kepala Desa Sumberejo Subandi yang ditemui di sela kegiatan mengatakan dari pelatihan olahan makanan ini diharapkan dapat membantu masyarakat, terutama dalam meningkatkan perekonomian dan sumber daya manusia di Sumberejo.

Baca Juga: Tekan Angka Stunting di Jateng, FKIK UKSW Salatiga Dampingi 10 Desa di Boyolali

“Kebetulan pelatihan ini sifatnya pembuatan makanan yang dapat menjadi salah satu penanganan pascapanen karena harga dari hasil panen sangat tidak stabil. Hal ini juga terkait dengan program desa yang bermitra dengan UKSW dalam mewujudkan desa agrowisata. Dengan adanya pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan perekonomian dan sumber daya manusia,” katanya.

Olahan Makanan Gandum Utuh

olahan gandum
Pusat Studi Gandum Tropika (PSGT) Fakultas Pertanian dan Bisnis (FPB) saat melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat. (Istimewa)

Adapun pelatihan olahan makanan dengan bahan dasar tepung GaUL berupa nuget sayur dipandu oleh Wamillia Yulianingsih, S.Si., dan pembuatan kue bolen dipandu oleh Kurniawan Andriyanto, S.P.

Di samping itu, peserta juga diizinkan untuk membawa pulang produk yang telah dibuat bersama-sama.

Baca Juga: BPM UKSW Salatiga Kerja Sama dengan Panti Pelayanan Sosial Anak, Ini Tujuannya

Peserta yang mengikuti pelatihan terlihat antusias dan semangat. Sri Sukarti salah satunya yang merupakan perwakilan PKK Sumberejo mengungkapkan kegiatan ini dapat membantu ibu rumah tangga dalam meningkatkan pendapatan dan mengolah hasil panen yang memiliki nilai jual.

“Saya jadi bisa tahu cara mengolah hasil tanam saya terutama tanaman sayuran. Dengan mengikuti pelatihan ini saya harap mampu menambah penghasilan rumah tangga. Ini sangat membantu sekali, tidak hanya mengolah masakkan sederhana saja tapi sekarang kita tahu cara membuat olahan yang bernilai jual seperti nuget tadi dan nantinya bisa di pasarkan di desa agrowisata,” ungkap Sri.

Rekomendasi
Berita Lainnya