SOLOPOS.COM - Ketua Ketua Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Megawati Soekarnoputri, memberikan sambutan acara Kick Off & Talkshow Pembentukan Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) melalui virtual, Rabu (20/4/2022). (YouTube/BRIN Indonesia)

Solopos.com, JAKARTA — Presiden kelima RI, Megawati Soekarnoputri, mengisahkan pengalamannya saat menelepon Presiden Rusia, Vladimir Putin, untuk meminta alat utama sistem senjata atau alutsista perang untuk TNI.

Megawati mengatakan hal itu di hadapan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal), Laksamana TNI Yudo Margono, saat menjadi pembicara talk show Tapak Tilas Ratu Kalinyamat Pahlawan Maritim Nusantara yang digelar TNI Angkatan Laut di geladak KRI Dewaruci, Dermaga Kolinlamil, Jakarta Utara, Kamis (11/8/2022).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ia menceritakan bahwa saat menjadi Presiden pernah menanyakan kekuatan militer di Tanah Air. “Saya tanya langsung kekuatan angkatan [TNI] kita ini berapa banyak. Aduh semua laporannya kok tidak menggembirakan. Makanya, saya pergi ke Rusia,” kata Megawati.

Dia juga menuturkan pernah meminta alutsista kepada Amerika Serikat (AS) dan Inggris. Namun, katanya, tidak digubris. Padahal, lanjutnya, kekuatan militer Indonesia pada zaman Presiden Soekarno terkuat di Asia Tenggara.

“Waktu itu saya minta pada Amerika enggak dikasih. Saya minta pada Inggris enggak dikasih. Saya bilang iki piye toh ya kok sombong-sombong banget [Ini bagaimana ya sombong-sombong sekali]. Ini pengalaman saya yang sekarang bisa diceritakan. Bukan untuk menyombongkan diri. Bayangkan, katanya kekuatan kita waktu zaman bapak saya [Presiden Soekarno] terkuat di Asia Tenggara. Lalu, sekarang bagaimana? Kan begitu sebagai presiden,” jelas Megawati.

Baca Juga : Menhan Prabowo Subianto Serahkan Pesawat & Heli Buatan PTDI ke TNI AL

Akhirnya, Megawati menelepon Presiden Rusis, Vladimir Putin, karena saat itu diundang ke Rusia. Ia menceritakan tidak akan memenuhi undangan Vladimir Putin ke Rusia bila tidak diberikan peralatan perang.

“Saya telepon [Vladimir] Putin karena saya diundang. Saya hanya ngomong gini, ‘saya hanya akan datang ke Rusia, tapi kalau saya enggak bawa peralatan perang saya enggak jadi datang’. Kalau enggak percaya, tanya sama Putin sendiri. Putin bilang ‘welcome Megawati’. Datang saya. Kan pulang saya bawa banyak [peralatan perang],” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya