SOLOPOS.COM - Krenona Karanganyar 2022. (Istimewa)

Solopos.com, KARANGANYAR — Pemkab Karanganyar kembali mencari inovator dan kreator andal untuk bisa memajukan daerah. Pencarian ini dibalut dalam lomba Kreativitas dan Inovasi (Krenova) yang setiap tahun digelar. Kali ini memperebutkan total hadiah yang lebih besar, mencapai Rp45 juta.

Hadiah ini Rp15 juta lebih tinggi ketimbang hadiah Krenova 2021 lalu. Lomba ini digelar oleh Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan (Baperlitbang).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Bagi warga Karanganyar yang memiliki kreativitas dan inovasi, masih ada kesempatan untuk mendaftar hingga 16 Agustus 2022. Sedangkan pelaksanaan lomba Krenova akan diadakan 12 September 2022.

Pada Krenova 2022, peserta bisa memilih kategori yang disediakan, yakni Kategori Masyarakat (perorangan/kelompok, klaster UKM, dan entrepreneur inovatif) dan Kategori Pelajar (pelajar SMA/SMK/SMP, perorangan/kelompok).

Baca Juga: Pelaku UMKM Sragen Temukan Metode Menggoreng Irit Minyak Goreng

Peserta dapat unjuk kreativitas dan inovasinya di bidang industri kreatif, agribisnis dan ketahanan pangan, energi baru dan terbarukan, kehutanan dan lingkungan hidup, kelautan dan perikanan, kesehatan-obat-obatan, pendidikan, teknologi informasi dan komunikasi, dan sosial-budaya.

“Tahun lalu hadiahnya total Rp30 juta, sedangkan tahun ini Rp45 juta. Kami berharap dengan hadiah yang semakin besar ini akan semakin banyak peserta yang menjadi peserta,” ujar salah satu panitia Krenova 2022, Trio Hartono, Kamis (21/7/2022).

Pada Krenova 2021 lalu, sebagian peserta menyajikan karya kreatif dan inovatif yang berkaitan dengan pandemi Covid-19. Sedangkan sebagian peserta di Krenova tahun ini banyak yang membuat inovasi berupa aplikasi.

Baca Juga: Pasta Kapur Batik Karya Pelajar SMPN 2 Kalijambe Juarai Krenova Sragen

Trio berharap kreasi dan inovasi peserta tahun ini akan lebih variatif, khususnya yang berkaitan dengan pemberdayaan masyarakat. “Tahun lalu masih masa pandemi Covid-19 sehingga banyak yang berkreasi dan berinovasi seputar penanganan Covid-19. Tahun ini sebagian mendaftarkan karya aplikasi. Kami harapkan akan ada karya-karya di bidang lain khususnya yang berkaitan dengan pemberdayaan masyarakat,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya